Healthy Cities Summit 2022 Digelar di Kota Semarang

Wali Kota Semarang memimpin rapat persiapan Healthy Cities Summit 2022./SEMARANGKOTA.GO.ID

Kota Semarang- Persiapan tengah dilakukan Pemerintah Kota Semarang yang akan menggelar event internasional dalam waktu dekat ini. Kegiatan Healthy Cities Summit rencananya akan digelar pada tanggal 27-30 Maret 2022 dengan konsep secara daring dan luring.

Dijadwalkan akan ada sejumlah narasumber dari berbagai negara yang akan hadir mengisi kegiatan, seperti Profesor Cordia Chu dari Universitas Griffith Australia, Profesor Eun Woo Nam dari Universitas Yonsei Korea Selatan, hingga Doktor Suvajee Good dari kantor WHO regional Asia Tenggara.

Dari dalam negeri sendiri sejumlah menteri juga turut diundang dalam kegiatan Healthy Cities Summit 2022 atau KTT Kota Sehat ini, di antaranya ada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G Plate, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain itu ada beberapa kepala daerah yang disebut juga akan hadir, antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto, hingga Bupati Banyuwangi, Bantaeng, Luwu, Sukabumi, juga Boyolali.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan, kegiatan Healthy Cities Summit 2022 memang akan melibatkan banyak pihak dari luar, namun di tengah kondisi covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir masih tetap perlu menerapkan protokol kesehatan. Sehingga nantinya juga ada sebagian pihak yang akan terlibat secara daring.

“Selama dua tahun sejak pandemi terjadi kami berupaya belajar tentang konsep berkegiatan yang tidak berpotensi meningkatkan penyebaran covid-19. Maka protokol kesehatan yang ketat pada kegiatan menjadi fokus utama, serta mengkombinasikan metode daring dan luring juga menjadi kunci penyelenggaraan,” tegas Wali Kota Semarang.

Hendrar Prihadi atau yang biasa disapa Hendi meyakini jika gelaran Healthy Cities Summit 2022 dapat menjadi momentum untuk kembali menarik perhatian banyak pihak untuk datang ke Kota Semarang. Pada gelaran event internasional tersebut penerapan protokol kesehatan yang ketat pada kegiatan-kegiatan lainnya yang diselenggarakan di Kota Semarang tetap harus juga diperhatikan secara serius.

Beriringan dengan kegiatan Healthy Cities Summit 2022, di Kota Semarang juga akan digelar Semarang Night Carnival dan Festival Banjir Kanal Barat. Semarang Night Carnival dan Festival Banjir Kanal Barat merupakan event unggulan yang sudah rutin diadakan setiap tahun di Kota Semarang.

“Jadi selama Healthy Cities Summit berlangsung setidaknya akan ada dua event unggulan Kota Semarang juga yang akan berjalan, yaitu Semarang Night Carnival dan Festival Banjir Kanal Barat. Tapi tetap pada intinya prokes yang dikedepankan, sehingga dikombinasi antara luring dan daring,” terang Wali Kota Hendi saat memimpin rapat persiapan Healthy Cities Summit 2022 di Balai Kota Semarang, Rabu (23/3/2022).

Menghadirkan Kota Sehat

Menghadirkan Kota Sehat perlu disadari sebagai bentuk kebutuhan yang harus diciptakan secara kolektif oleh para pemangku kebijakan. Semua komponen yang terlibat baik itu pemerintah maupun swasta dan masyarakat secara umum perlu mengambil peran dan berkontribusi dalam menghadirkan ruang kehidupan yang lebih sehat.

Healthy Cities Summit diharapkan dapat membangun kesadaran untuk menjadikan kota atau daerah sebagai wilayah yang sehat. Semua pihak harus mulai sadar dan peduli untuk selalu memperhatikan aspek kesehatan dalam berbagai kegiatan. Tentunya juga menjadi ide gerakan bersama tentang bagaimana mengelola dan membangun daerah yang lebih sehat.

Kesehatan sendiri merupakan dampak dari kegiatan pembangunan dan aktivitas perilaku masyarakat. Membangun wilayah yang sehat dan juga nyaman untuk masyarakat tentu menjadi cita-cita yang diinginkan oleh semua daerah, tetapi perlu upaya sungguh-sungguh dan konsisten dalam memberi perhatian bagi hadirnya kota yang sehat. Kota yang sehat dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang tinggi sebagai modal dasar dalam menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat secara umum.

Berbagai pembangunan yang dicapai pemerintah menjadi kurang bernilai apabila masih menyisakan permasalahan di bidang kesehatan. Orientasi pada perhatian di bidang kesehatan harus didorong agar tidak ada lagi masalah serius di bidang kesehatan di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Sumber: http://semarangkota.go.id/p/3485/kota_semarang_kembali_gelar_event_internasional,_healthy_cities_summit_2022