Kampung Hebat, Lestarikan Budaya Gotong Royong

Hendrar Prihadi Wali Kota Semarang, menghadiri acara sosialisasi lomba Kampung Hebat di Gedung Moch. Ichsan Lantai 8 Balai Kota Semarang. (Foto: Pemkot Semarang)

Semarang- Bersama dengan Jawa Pos Radar Semarang, Pemerintah Kota Semarang akan mengadakan Lomba Kampung Hebat 2019-2020 di Kota Semarang. Lomba ini diharapkan mampu untuk menjadi alat komunikasi masyarakat Kota Semarang serta melestarikan budaya gotong royong.

“Kemudian di sisi lain juga meningkatkan konsep gotong royong partisipasi masyarakat kelembagaan, kemudian juga meningkatkan motivasi warga,” ujar Hendrar Prihadi Wali Kota Semarang dalam sambutannya.

Sambutan Hendi dilakukan saat sosialisasi di Gedung Moch. Ichsan Lantai 8 Balai Kota Semarang, Pada Rabu (9/10/2019).

“Besok ini dibulan-bulan ini akan ada pemasangan 11 ribu CCTV di seluruh Kota Semarang, pasti masuk ke kelurahan panjenengan. Nah itu dimanfaatkan, inovasinya seperti apa, idenya seperti apa nanti akan dinilai temen-temen,” jelas Hendi lagi.

Lomba akan dilaksanakan pada bulan Oktober ini hingga April 2020 mendatang. Berbeda dengan tahun lalu yang melombakan tujuh kategori lomba. Pada tahun ini lomba terdapat empat kategori yang akan dilombakan yakni Kampung Pancasila, Kampung Bersih dan Hijau, Kampung Kreatif dan Inovatif, dan Kampung Pintar.

Lomba Kampung Hebat

Selain Hendrar Prihadi, acara sosialisasi ini juga dihadiri oleh Iskandar selaku General Manager Radar Semarang, Sugiyanto selaku Ketua Panitia Kampung Hebat, Arif Riyanto selaku Pemimpin Redaksi Radar Semarang, serta para Kepala OPD, Camat dan Lurah.

Pengumuman pemenang lomba akan diumumkan pada Hari Ulang Tahun Kota Semarang ke-472 pada tanggal 2 mei 2020 mendatang.  Pemenang Lomba Kampung Hebat ini akan mendapatkan hadiah uang senilai 5 juta rupiah untuk juara pertama dan ditambah untuk pembangunan infrastuktur, uang senilai 4 juta rupiah untuk juara kedua, dan uang senilai 3 juta rupiah untuk juara ketiga. Terdapat juga kategori Best Of The Best yang akan mendapatkan hadiah uang senilai 5 juta rupiah, pembangunan infrastuktur, dan jalan-jalan ke luar negeri.

Hendi berharap bahwa upaya-upaya dalam Lomba Kampung Hebat 2019-2020 di Kota Semarang dapat berkembang maju dan semakin hebat dapat terwujud.