Undip Berhasil Raih Juara 3 PIMNAS

Universitas Diponegoro berhasil meraih juara ke 3 dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIMNAS) Ke-32. (Foto: Undip)

Semarang- Universitas Diponegoro (Undip) kembali berhasil meraih juara. Kali ini, Undip meraih juara ke 3 dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-32, Jumat (30/8) Malam di Denpasar, Bali.

Rektor Universitas Diponegoro Prof. Yos Johan Utama mengatakan bahwa ini merupakan prestasi yang sanggat membanggakan karena jika dilihat dari jumlah yang lolos pimnas kita di peringkat ke-7 namun bisa mempertahankan posisi di tiga besar.

“Tahun ini menjadi langkah awal PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) akan lebih serius lagi, dan kita akan segera membuat PKM Center sehingga ditahun-tahun depan kita bisa lebih baik lagi” imbuh Rektor.

Dalam kompetisi kali ini, Undip memperoleh  2 emas, 1 perak, 1 perunggu dan 1 juara favorit dan dari kategori Presentasi karya Ilmiah dan 5 Emas dan 2 Perak dari kategori poster.

Wakil Rektor I Budi Setiyono mengatakan bahwa Keberhasilan ini juga merupakan hasil kerja keras yang tidak kenal lelah.

“Semoga ini merupakan langkah awal yang baik bagi mereka dalam berkarir di bidang ilmu mereka masing-masing dan bisa memanfaatkan hasil perjuangan ini untuk karir mereka selanjutnya dan kita di universitas sudah mempersiapkan skema-skema tindak lanjut dalam mengoptimalkan hasil dari Pimnas ini kita bimbing sehingga sampai pada satu tingkat yang memungkinkan hasil pimnas ini dapat mereka nikmati sebagai hasil dari inovasi”imbuhnya.

Pekan Ilmiah Mahasiswa

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa. Kegiatan ini terjadwal secara akademik oleh perguruan tinggi dalam meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa.

Tahun ini, PIMNAS diselenggarakan di Denpasar Bali. Peserta Pimnas tahun ini merupakan jumlah peserta terbesar dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 1.614 mahasiswa dan 460 dosen pendamping dari 70 perguruan tinggi negeri dan 56 perguruan tinggi swasta seluruh Indonesia. Mereka terbagi dalam 460 tim terpilih dari Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai tahun 2019 sebanyak 3.621 Proposal.

Tentu harus lahir gagasan yang mewujud untuk kemaslahatan bersama. Piala Bergilir Juara Umum Pimnas “Adhikarta Kertawidya” diserahkan langsung Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Ismunandar, kepada pihak UGM sebagai juara umum.