Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Semarang 2019

Pemerintah Kabupaten Semarang melalui Dinas Pariwisata kembali mengadakan pemilihan Mas dan Mbak duta wisata. Pemilihan duta wisata bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia bidang pariwisata yang berkualitas. (Foto: Pemkab Semarang)

Semarang- Pemerintah Kabupaten Semarang melalui Dinas Pariwisata kembali mengadakan pemilihan Mas dan Mbak duta wisata. Pemilihan duta wisata bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia bidang pariwisata yang berkualitas.

Kepala Dinas Parwisata Kabupaten Semarang, Dewi Pramuningsih melalui Kasi Pengembangan Pasar Wisata, Hendrastuti Ikasari menyebutkan, waktu pendaftaran Duta Wisata 2019 sudah dibuka sejak 15 Mei 2019 hingga 21 Juli 2019. Kemudian agenda seleksi rencananya akan digelar pada 22 Juli 2019 mendatang.

“Pendaftaran dikelola oleh para Duta Wisata periode sebelumnya. Dari pengalaman sebelumnya, pendaftar akan mengembalikan formulir menjelang penutupan pendaftaran,” terangnya.

Tercatat, setidaknya sudah lebih dari 50 orang yang mengambil formulir pendaftaran Duta Wisata 2019. Sementara yang mendaftar online dan telah mengembalikan formulir, terpantau sudah lebih dari 30 orang.

Kemudian, pada tanggal 23-24 Juli 2019 hendak dilanjutkan dengan tes tertulis, wawancara, dan pembekalan. 1 Agustus 2019 ada tur sehari, 2 Agustus 2019 apresiasi seni, dan 3 Agustus 2019 ini dijadwalkan hendak digelar grand final di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang.

Hendrastuti Ikasari menjelaskan bahwa persyaratan menjadi duta wisata, pertama adalah warga Negara Indonesia dan belum menikah. Berusia 17-25 tahun, dan berdomisili di Kabupaten Semarang. Bagi peserta putra memiliki tinggi badan minimal 170 sentimeter, kemudian peserta putri tinggi badan minimal 160 sentimeter. Berpendidikan minimal SMA/sederajat.

Kemudian, berpenampilan menarik, mampu berkomunikasi dengan baik, dan berwawasan luas mengenal pariwisata dan kebudayaan khususnya di Kabupaten Semarang. Memiliki kecakapan dalam berbahasa Indonesia maupun bahasa asing. Serta memiliki catatan prestasi dan kemampuan di bidang akademik.

“Kami juga melibatkan pakar di bidang kepariwisataan, kepribadian, pengetahuan umum, dan pakar bahasa Inggris untuk menjadi juri. Semua juri dari luar Kabupaten Semarang,” imbuhnya.

Duta Wisata Kabupaten Semarang

Selain untuk tujuan memilih wakil Kabupaten Semarang dalam Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Provinsi Jawa Tengah, pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Semarang ini bertujuan untuk memilih para Duta Wisata Kabupaten Semarang yang berkualitas dan handal. Harapannya, duta wisata terpilih dapat menjadi citra teladan generasi muda Indonesia yang dinamis, kreatif, dan cerdas, serta menjadi ujung tombak Pemerintah Kabupaten Semarang khususnya dalam bidang pariwisata.

Tidak hanya secara lokal, promosi ini juga diharapkan ditingkat nasional, maupun internasional. Diharapkan para Duta Wisata yang terpilih nantinya adalah generasi muda yang memiliki kepribadian, etika, dan penampilan yang menawan, berwawasan serta menguasai materi kepariwisataan.

Duta wisata diharapkan mereka yang pandai berkomunikasi, serta dapat mempromosikan daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Semarang. Terlebih di era milenial ini, dengan kemajuan tekhnologi informasi yang demikian pesat. Cara-cara promosi atau pemasaran telah mengalami pergeseran dari cara yang konvensial berubah menjadi promosi dan pemasaran yang memanfaatkan kemajuan tekhnologi informasi yaitu melalui media internet dan media-media sosial.

Para Duta Wisa yang notabene merupakan anak-anak muda kaum milenial, sangat dibutuhkan peran sertanya dalam promosi dan pemasaran pariwisata di era milenial ini.