Iswar Aminudin, Resmi Jadi Sekda Kota Semarang

Proses pelantikan Iswar Aminudin sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang. Pelantikan kali ini dilaksanakan langsung oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. (Foto: Pemkot Semarang)

Semarang- Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, baru saja melantik Iswar Aminudin sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang. Sebelum dilantik menjadi Sekda, Iswar Aminudin, menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang.

Berlangsung di ruang Lokakrida Balai Kota Semarang, Kamis (01/08/2019), Hendrar Prihadi mengatakan bahwa terpilihnya Sekda Kota Semarang definitif kali ini melalui proses panjang. Kekosongan kursi Sekda Kota Semarang sempat diisi oleh dua PJ, yaitu Agus Riyanto dan Trijoto Sardjoko.

Panitia Seleksi (pansel) yang bertugas menentukan Sekda yang baru ini diisi oleh orang-orang yang berkompeten, mulai dari Rektor Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Tujuh Belas Agustus, dua doktor dari Universitas Diponegoro, dan Plt Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto.

Menurut Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang, pansel Sekda sudah menjalankan tugas dengan sangat baik. Pansel bahkan mendatangi kediaman kandidat dan menanyakan beberapa hal kepada masyarakat sekitar terkait kebiasaan kandidat dalam kehidupan sehari-hari.

“Insyaallah prosesnya sudah sesuai tahapan. Saya sudah pesan kepada BKPP untuk melakuka seleksk secara natural, dan alhamdulillah sudah terpilih,” katanya.

Selama pemilihan, dia mengaku sama sekali tidak melakukan intervensi apapun kepada pansel. Dari delapan nama yang mendaftarkan diri sebagai Sekda dan akhirnya terpilih tiga kandidat yang menjalani tahapan selanjutnya untuk diwawancarai Gubernur Jawa Tengah.

“Ada tugas khusus bagi Sekda baru. Saya kira dengan kemampuan jaringan yang dimiliki Sekda baru, dia bisa aktif mengambil dana Kementrian dan Provinsi untuk pembangunan Kota Semarang.

Dia berharap, sekda yang baru dapat menjadi pengayom bagi pegawai Pemkot Semarang, menciptakan suasana kondusif, membantu menyelesaikan program-program Wali Kota Semarang dan Wakil Wali Kota Semarang menjelang akhir masa jabatan.

Sekertaris Daerah

Sekretariat daerah adalah unsur pembantu pimpinan pemerintah daerah yang dipimpin oleh sekretaris daerah (disingkat sekda). Sekretaris daerah bertugas membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah.

Dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya, sekretaris daerah bertanggung jawab kepada Kepala Daerah. Sekretaris Daerah diangkat dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memenuhi persyaratan. Sekretaris Daerah karena kedudukannya sebagai pembina PNS di daerahnya. Sekretaris Daerah dapat disebut jabatan paling puncak dalam pola karier PNS di Daerah.

Sekda memiliki banyak tugas dan fungsi. Salah satunya yakni merumuskan dan menetapkan program pembinaan kegiatan sekretariat daerah yang meliputi penyelenggaraan pemerintahan, administrasi pembangunan, kesejahteraan rakyat, pelayanan bantuan sarana pendidikan dan keagamaan.

Kedua, menetapkan perumusan program dan petunjuk teknis pembinaan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan serta pelayanan teknis administrasi pemerintahan daerah.

Ketiga, mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan kepada perangkat pemerintah daerah dalam rangka pendayagunaan aparatur di daerah. Serta masih banyak lagi beberapa tugas yang menjadi tanggung jawab Sekda. ‘