Jelang Penghargaan Kota Adipura, Pemkot Semarang Adakan Sosialisasi Persiapan

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, saat memberi sambutan pada Sosialisasi Persiapan Verifikasi Penilaian Adipura Tahun 2019. (Foto: Pemkot Semarang)

Semarang- Pemerintah Kabupaten Semarang kembali akan mempertahankan penghargaan Kota Adipura. Hal ini dibuktikannya dengan adanya sosialisasi Persiapan Verifikasi Penilaian Adipura Tahun 2019.

Tercatat sebagai penerima penghargaan Kota Adipura, Kota Semarang sudah 7 tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan ini, yakni sejak tahun 2011 sampai 2017. Maka, dalam hal ini, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi selalu melakukan inovasi untuk kota semarang agar menjadi kota yang bersih dan nyaman.

Sosialisasi ini bertujuan untuk mempertahankan penghargaan Kota Adipura. Sosialisasi ini berlangsung , Senin, (29/07/2019) di Ruang Lokakrida lantai 8, Gedung Moch Ihsan Jl.Pemuda 148 Semarang.

Dalam sambutan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi,  menjelaskan kriteria  kota yang mendapat penghargaan Adipura adalah kota yang bersih dan sehat.

“Salah satu upaya kita adalah menyedianya  bank sampah dan armada pengangkutan yang harus mencapai rt/rw,” tuturnya.

Menurutnya, dari segi jumlah,  harus diperbanyak agar pembuangan sampah tidak sembarangan. Selain itu, peran masyarakat untuk sadar lingkungan juga harus lebih ditingkatkan.

“insyaallah sampah yang di Jatibarang akan kita kelola menjadi tenaga listrik yang akan dipegang oleh BUMD “, jelasnya.

Pengelolaan sampah di Jatibarang ini bermanfaat secara optimal untuk warga kota semarang. Menurutnya,  Pemerintah Kota Semarang sedang merencanakan groundbreaking bakal diujung tahun 2020 nanti.

Penghargaan Kota Adipura

Adipura, adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Tahun ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan penghargaan Adipura 2019 kepada 146 kabupaten/kota di Indonesia.

“Selamat kepada para penerima penghargaan Adipura dan sertifikat. Ini rekor untuk memberikan penghargaan begitu banyak, lebih dari 100,” ungkap Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya usai penyerahan penghargaan di Manggala Wanabakti, Jakarta (14/1/2019).

JK menyampaikan pemerintah pusat dan daerah wajib bersinergi untuk mendorong masyarakat menjaga lingkungannya.

“Isu lingkungan wajib menjadi perhatian pemerintah pusat maupun daerah. Oleh karena itu, mendorong masyarakat jaga lingkungan adalah upaya kita dan lebih ringan apabila ada kerjasama antar pemerintah pusat dan daerah. Penghargaan ini juga dapat menjadi stimulan bagi masyarakat agar menjaga lingkungannya. Lingkungan baik akan menjadi masyarakat maju,” tuturnya.