Mengenal Kampung Sawah Mijen, Destinasi Wisata Super Keren

Wisata Baru Kampung Sawah Mijen. (Foto: jatengprov.go.id)

Mijen – Wisata baru di Kota Semarang, Kampung Wisata Sawah Mijen, sedang ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota. Kampung Wisata ini baru diresmikan oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi pada 30 Desember 2018 lalu. Objek wisata edukasi dan swafoto ini berada di Jalan Duwet, Kelurahan Tambangan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Hamparan persawahan dengan latar belakang Gunung Ungaran ini memiliki luas 500 hektare. Untuk dapat mencapai tengah persawahan bisa melewati jalan setapak yang terbuat dari tatanan bambu yang dicat berwarna-warni.

Di tengah-tengah persawahan terdapat spot foto yang berbentuk love berukuran 10×10 meter terbuat dari bambu juga. Ini adalah spot foto favorit bagi para pengunjung karena hamparan persawahan dan Gunung Ungaran yang dapat memperindah foto.

Tidak hanya menikmati pemandangan dan berfoto, tetapi dapat juga belajar tentang cara bertani. Beberapa kegiatan belajar tersebut antara lain cara menanam padi, membajak sawah, memerah susu sapi, hingga belajar berkebun microgreen atau rockwool sebagai pengganti tanahnya.

Bagi yang belum tahu, rockwool merupakan salah satu media tanam hidroponik yang mampu menyerap banyak pupuk cair. Bagi yang penasaran, Kampung Wisata Sawah Mijen ini bisa jadi tempat yang cocok untuk berlibur sekaligus menambah pegetahuan. Tidak hanya itu saja, para wisatawan juga dapat belajar tari tradisional di kampung ini.

Ada lagi yang menarik dari Kampung Wisata Sawah Mijen yaitu rumah burung hantu. Rumah burung hantu sengaja disediakan oleh pemilik sawah, gunanya untuk membantu memangsa atau mengusir tikus sawah. Bagi yang ingin menuju lokasi ini bisa melewati pemancingan Gebyar Sumyah yang jalanya sudah diaspal dengan cat warna-warni, yang menjadikan lokasi di sini semakin menarik untuk dikunjungi.

Tiket masuk ke Wisata Sawah Mijen terbilang sangat murah. Hanya dengan Rp 3 ribu kita sudah dapat menikmati pemandanganya, berswafoto di berbagai spot, melihat kebun sirsak dan rumah burung hantu serta mendapat pengetahuan tentang bertani, memerah sapi, hingga menari tradisional.

Tempat wisata ini bisa dibilang cukup worth it karena tidak hanya berlibur menghilangkan penat tetapi juga dapat belajar hal-hal baru. Untuk yang mengunjungi tempat ini pada akhir pekan, rencananya akan diadakan berbagai event menarik seperti pertunjukan kesenian, bazar pasar murah, bazar hasil bumi khas Mijen, serta lomba kicau burung. (jatengprov.go.id)