Pejabat Harus Inovatif

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, melantik 339 pejabat pengawas dan administrator beberapa waktu lalu. (SUmber: Pemkot Semarang).

Semarang, SEMARANGDAILY.COM ** Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menegaskan semua pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang harus memiliki pola pikir yang inovatif. Hal itu juga diarahkan kepada 339 pejabat pengawas dan administrator yang baru saja dilantiknya, belum lama ini.

Dilansir dari laman resmi Pemkot Semarang, Wali Kota Semarang meminta jajarannya untuk selalu berupaya menemukan solusi jika dalam pekerjaannya terbentur dengan kendala. Diharapkan setiap pekerjaan tetap bisa dijalankan tanpa melanggar aturan yang ada.

“Pola pikir inovatif seperti inilah yang saya harap ada dalam diri panjenengan masing-masing. Apalagi posisi panjenengan semua saat ini secara tidak langsung menjadi ruang unjuk gigi untuk dapat memimpin tim yang lebih besar lagi kedepannya,” kata dia seperti dikutip situs tersebut.

Hendrar juga mengingatkan para pejabat yang dilantik saat itu, pencapaian yang telah didapatkan Pemkot Semarang saat ini telah membawa kondisi yang lebih maju. Hal itu juga membuat Kota Semarang saat ini lebih banyak mendapat sorotan.

“Tadinya kalau Semarang banjir itu biasa, sekarang karena sedikit demi sedikit bisa kita
atasi, timbulah ekspektasi masyarakat. Atau misalnya terkait pungli, yang
sebelumnya Indeks Persepsi Korupsi kota Semarang ada di peringkat 25 (2010),
sekarang kita ada di peringkat ke-3 terbaik (2015),”lanjutnya.

Para pejabat yang dilantik merupakan pejabat yang dianggap sebagai yang terbaik dan pantas berada di masing-masing posisinya. Untuk itu dia berharap agara para pejabat tersebut mampu menjawab kepercayaan yang diberikan kepada mereka. Para pejabat diharapkan bisa menjaga amanah yang diberikan.

“Ratusan orang berharap ada di posisi panjenengan sekalian, jangan biarkan posisi yang panjenengan dapatkan sekarang direbut dengan mudah akibat buruknya kinerja panjenengan sendiri,” tegas dia.

Di antara para pejabat yang dilantik adalah Hernowo Budi Luhur yang semula menjabat sebagai Kabag Humas Setwan dan kini menjabat sebagai Kabag Tata Pemerintahan. Sedangkan posisi lamanya ditempati oleh Purnomo Dwi Sasongko, yang semula menjabat sebagai Sekretaris DPM-PTSP.

Kepala Bagian Otonomi Daerah yang semula kosong, saat ini diisi oleh Wijaya Trikoranto, yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Pedurungan.

Sedangkan sejumlah camat juga mengalami rotasi.Camat Pedurungan kini dijabat oleh Kukuh Sudarmanto Alugoro, Camat Banyumanik Sigit Suroso, Camat Gajahmungkur Bambang Pramusinto, dan Camat Gunungpati dijabat oleh Ronny Tjahjo Nugroho.