PKK Kelurahan Jatirejo Gunung Pati Rajai Lomba Masak Ikan Tingkat Kota Semarang

Perigati HUT Semarang, Pemkot bikin acara lomba masak ikan tingkat Kota Semarang. (sumber web Pemkot Semarang)

Semarang, SEMARANGDAILY.COM ** Pembinaan kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunung Pati akhirnya ditetapkan sebagai juara lomba masak ikan tingkat Kota Semarng tahun 2017.

PKK Jatirejo menggungguli PKK Kelurahan Plamongan Sari, Kecamatan Pedurungan dan PKK Kelurahan Bangunharjo Kecamatan Semarang Tengah yang harus puas sebagai pemenang kedua dan ketiga. Lomba yang diselengarakan Selasa (18/4/17) ini guna merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Semarang ke 470 tahun.

Acara yang dibuka oleh istri Walikota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi mendorong warga agar lebih kreatif lagi dalam mengolah makanan menggunakan bahan ikan. Apalagi semarang berbatasan langsung dengan Pantai Utara Pulau Jawa yang terkenal dengan hasil tangkap lautnya.

“Ini adalah ajang untuk menyalurkan bakat dan potensi kaitannya untuk mendorong para ibu mengolah ikan menjadi aneka menu dalam kesehariannya  serta mempromosikan makan ikan pada masyarakat luas,” jelas Septiana seperti dikutip dari website  resmi Pemerintah Kota Semarang.

Peserta lomba berasal dari 16 Tim Penggerak PKK kecamatan se-Kota Semarang. Masing-masing kecamatan diwakili 1 tim yang terdiri dari 2 orang.

Lanjut Tia, melalui lomba ini juga dapat mendukung program yang dicanangkan pemerintah pusat, melalui gerakan makan ikan. Dimana menurut standar nasional diharapkan mencapai angka 43,88 kg/kapita/tahun. Namun Kota Semarang masih mencapai angka 28-30 kg/kapita/tahun.Di samping itu secara tidak langsung dapat membantu mengangkat penghasilan para nelayan.

Dalam perlombaan ini, penyelenggara menyiapkan total hadiah sebesar Rp 11.250.000 ditambah piagam dan trofi walikota. Selain juara pertama hingga ketiga, hadiah juga diraih oleh tim yang dianggap berbakat yakni diraih Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen dan Kelurahan Ngaliyan, Kecamatan Ngaliyan.