Kampung Pelangi Gunung Brintik Randusari, Proyeksi Destinasi Wisata Anyar

Wali kota Semarang Mengecat. Pengecatan pertama Kmapung Pelangi di Randusari, Gunung Brintik oleh Wali Kota Semarang. (sumber Wenb Pemkot Semarang)

Randusari, SEMARANGDAILY.COM ** Semarang akan mengikuti Malang dan Yogyakarta yang akan memiliki Kampung Pelangi. Proyek kampung pelangi Semarang akan difokuskan di Wonosari, Kelurahan Randusari, Semarang Selatan atau masyarakat lebih mengenalnya dengan daerah Gunung Brintik.

Pengecetan rumah dimulai pada Sabtu (15/4/17) pagi yang diawali terlebih dahulu oleh wali kota Semarang Hendrar Prihadi dan kemudian dilanjut oleh masyarakat. Pengecetan kampung pelangi ini melibatkan warga sekitar, TNI, Polri dan tokoh masyarakat.

Tak hanya tembok rumah yang akan dicat tetapi juga sampai ke atap dan jembatan. Untuk mengecat total 391 rumah, panitia telah menyiapkan 150 ember cat yang di dapat dari bantuan CSR.

Hendi sapaan akrab wali kota Semarang melalui kegiatan ini mengingatkan kepada warga untuk terlibat aktif dalam pembangunan Kota Semarang. Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengaku tidak mampu menyelesaikan berbagai problematika perkotaan tanpa bantuan masyarakatnya melakukan gerakan kebersamaan.

“Keterlibatan masyarakat dalam pembangunan menjadi penting untuk menimbulkan rasa memiliki pada apa yang sudah dibangun, ini penting sebagai bagian dari inovasi pembangunan partisipatif,” jelas Hendi seperti dinukil dari laman Pemkot Semarang.

Dirinya menambahkan bilamana program kampung pelangi berhasil kota Semarang akan menjadi wilayah tidak kumuh, nyaman dan tertata.

“Sama seperti konsep Kampung Tematik, melalui Kampung Pelangi ini kita tingkatkan wilayah jadi baik tidak kumuh, lebih nyaman melalui pendekatan melibatkan masyarakat dalam perbaikan wilayah mereka, sehingga tidak hanya menjadi penonton,” tegas Walikota.

Amal, warga semarang yang ikut dalam kegiatan pengecatan kampung pelangi tersebut mengapresiasi inisiasi yang dilakukan oleh Walikota Hendi. “Meskipun warga sini tapi sebagai warga Semarang saya tertarik ikut terlibat karena nantinya Kampung Pelangi juga dapat menjadi destinasi wisata Kota Semarang yang baru,” harap Amal.