Jusuf Kalla: Dorong Daya Saing Sektor Maritim

jusuf-kalla-undipWakil Presiden RI Jusuf Kalla meminta perguruan tinggi untuk terus berinovasi demi mencapai daya saing yang lebih baik. Perguruan tinggi harus memandang ke depan dengan bekerja keras sesuai dinamika yang berkembang.

“Harus ditingkatkan, jangan lihat ke belakang. Kalau lihat ke belakang, jadinya museum. Lihatlah ke depan,” kata Wapres saat memberikan orasi ilmiah Dies Natalis Universitas Diponegoro ke-59 di gedung Prof.Soedarto,SH Tembalang, Sabtu (15/10/2016).

Wapres mengatakan, melalui kerja keras, akan tercipta daya saing dalam bidang apa pun. Daya saing diibaratkan seperti sebuah pertandingan sehingga antara satu negara dan negara lain bisa saling maju.

Menurut Wapres, daya saing ibarat pertandingan, yakni pertandingan dengan orang lain atau negara lain. Turunnya indeks daya saing Indonesia dari peringkat ke-37 menjadi 41, mungkin saja bisa berarti sudah baik, tetapi negara lain lebih baik lagi.

“Daya saing tujuannya pada akhirnya ialah, apa yang dipertandingkan mencapai apa yang lebih baik, bagaimana lebih murah, dan bagaimana lebih cepat. Tiga hal saja inti daripada daya saing itu. Yang lebih baik, yang lebih murah, dan lebih cepat,” jelas Wapres.

Terkait daya saing di sektor maritim, yang menjadi tema yang diangkat Wapres dalam Orasi Ilmiah nya, Wapres mengimbau kepada peserta yang hadir, untuk merubah mindset tentang konsep kemaritiman. Laut bukan lagi memisahkan pulau-pulau yang ada di Indonesia, melainkan penghubung antar pulau, sehingga potensi laut yang ada dapat dimanfaatkan bersama.

Wapres pun mendorong UNDIP untuk bersama-sama berupaya meningkatkan daya saing di sektor maritim ini, dengan mencetak SDM yang berkualitas. Hal ini dapat dilakukan dengan berpedoman pada Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni melalui pendidikan, riset, dan pengabdian.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Menteri Riset dan Teknologi M Nasir, Ketua DPP IKA Undip Maryono, Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Wakil Wali Kota Semarang Heverita Rahayu, dan seluruh Civitas Akademika Undip.