BUMN Peduli Arus Mudik-Balik 2015, Pelindo III Cabang Tanjung Emas Sediakan Bus Gratis

MENINJAU - Komisi V DPR RI yang membidangi sektor perhubungan melakukan kunjungan kerja spesifik ke Pelabuhan Tanjung Emas guna meninjau kesiapan sarana dan prasarana transportasi arus mudik lebaran tahun 2015, Jumat (3/7/2015). (Foto: BUMN)
MENINJAU – Komisi V DPR RI yang membidangi sektor perhubungan melakukan kunjungan kerja spesifik ke Pelabuhan Tanjung Emas guna meninjau kesiapan sarana dan prasarana transportasi arus mudik lebaran tahun 2015, Jumat (3/7/2015). (Foto: BUMN)

Semarang Utara, SEMARANG DAILY ** Bersama Dinas Perhubungan dan PT Pelni, Pelindo III Cabang Tanjung Emas menggelar program BUMN Peduli Arus Mudik-Balik 2015 bertajuk ‘Pulang Senang Berangkat Senang’.

Dirilis Humas Pelindo III Cabang Tanjung Emas, program tersebut merupakan fasilitas tambahan dalam menyediakan angkutan lanjutan berupa Bus Damri gratis bagi para pemudik yang turun di Pelabuhan Tanjung Emas.

Bus yang disediakan berjumlah 6 armada dengan 4 rute berbeda. Sejumlah 2 bus untuk Rute Timur (Demak, Kudus,Pati), 1 bus untuk Rute Barat (Kendal, Pekalongan, Pemalang), 1 bus untuk Rute Selatan (Temanggung, Wonosobo), dan 2 bus untuk Rute Selatan 2 (Solo, Jogja).

Keenam armada akan berangkat satu kali dari Pelabuhan Tanjung Emas menuju empat rute tersebut setiap harinya selama 6 hari (H-7).

Lonjakan pemudik menggunakan angkutan laut diprediksi mengalami kenaikan pada H-2 menjelang Idul Fitri. Perkiraan tersebut diperoleh berdasarkan data yang dihimpun Pelindo III Cabang Tanjung Emas dari tahun-tahun sebelumnya.

Sedangkan jumlah pemudik mengalami tren penurunan sebesar 11 persen tiap tahunnya. Misalkan pada 2013, arus penumpang sebesar 109.415 orang, sedangkan pada tahun berikutnya, jumlah tersebut hanya mencapai 99.689 orang.

Sementara untuk 2015, diperkirakan arus penumpang menurun sekitar 90.717 orang.

Profil Singkat

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memiliki tugas, wewenang, dan tanggung jawab dalam mengelola pelabuhan umum pada 7 wilayah provinsi Indonesia, meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Bali.

PT Pelindo III (Persero) memiliki peran kunci untuk menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo III mampu menggerakkan dan menggairahkan kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.

Sebagai salah satu cabang perusahaan Pelindo III, Pelabuhan Tanjung Emas juga memiliki peran penting dalam sektor perdagangan dan ekonomi wilayah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sekitarnya.

Demi meningkatkan kualitas sarana prasarana dan produktivitas pelabuhan, saat ini Manajemen Pelabuhan Tanjung Emas sedang giat melakukan modernisasi pelabuhan sejak 2010.