Tanggapi Isu Lingkungan, Mahasiswa Unnes Siap Gelar ARTree DKV 2015

Mahasasiwa Fakultas Seni Rupa Unnes Jurusan DKV saat mnyelenggarakan Pasar Branding. (Foto: Pasar Branding)
Mahasasiwa Fakultas Seni Rupa Unnes Jurusan DKV saat mnyelenggarakan Pasar Branding. (Foto: Pasar Branding)

Kota Semarang,SEMARANDAILY**Setelah menggelar Pasar Branding, kini mahasiswa Fakultas Seni Rupa Universitas Negeri Semarang menggelar pameran bertema lingkungan hidup, yang bertajuk “ARTree DKV 2015”, Jumat, (5/5/15).

Lingkungan hidup merupakan faktor utama dalam kelangsungan hidup manusia, pengelolaan lingkungan hidup atau sumber daya alam yang tepat akan mampu memberikan manfaat bagi hidup manusia. Sebaliknya, eksploitasi yang berlebihan terhadap lingkungan hidup dapat mendatangkan bencana bagi umat manusia. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup untuk masa depan bumi, oleh karena itu maka perlu dikenalkan pentingnya kesadaran lingkungan melalui pameran.

Menanggapi hal tersebut mahasiswa Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Semarang mengadakan sebuah pameran yang bertajuk “ARTree DKV 2015”. Pameran yang menanggapi berbagai masalah lingkungan berupa kritik atau saran yang dituangkan dalam sebuah karya seni.

ARTree DKV bermula dari konsep awal pameran yang mengusung tema Tree Second yaitu satu detik dari sebuah pohon yang sangat berharga jika kita bias memanfaatkan dan menghargainya.

“Bagaimana untuk memperkecil atau memberi jalan keluar terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar, melalui suatu langkah yang sederhana untuk mengatasi segala bentuk permasalahan dalam lingkungan sekitar melalui perspektif seni rupa dan desain komunikasi visual”, ujar Muhammad Khalim selaku ketua panitia ARTree DKV 2015.

Visi Konservasi

Supatmo, selaku dosen pendamping pada mata kuliah Pameran Seni Rupa menyatakan bahwa tujuan pameran ini selain untuk memenuhi tugas kuliah juga bertujuan untuk mendukung visi konservasi lingkungan seperti tercantum dalam statuta Universutas Negeri Semarang. Adapunkaryaseni yang akan dipamerkan berupa lukisan, ilustrasi, fotografi, dan desain poster dan desain lainnya oleh sesuai dengan konsentrasi yang ditempuh oleh mahasiswa.

Pembukaan pameran ARTree DKV 2015 yang diikuti oleh 30 mahasiswa ini dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 05 Juni 2015 pukul 18.30 di Galeri Merak Jalan Merak No. 11 Kawasan Kota Lama Semarang. Pembukaan pameran akan dimeriahkan oleh penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Tata Busana yang akan menampilkan parade busana recycle dan juga life akustik.