Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Semarang Terus Meningkat

Pemukaan Gelar Inovasi UMKM Koperasi dan PKBL Expo yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang bersama PT Feraco di Java Mall Semarang, Kamis (21/5). (Foto: Tribun)
Pemukaan Gelar Inovasi UMKM Koperasi dan PKBL Expo yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang bersama PT Feraco di Java Mall Semarang, Kamis (21/5). (Foto: Tribun)

Semarang Selatan, SEMARANGDAILY**Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Semarang terus meningkat. Sekda Kota Semarang, Adi Tri Hananto, menyebutkan, pertumbuhan UMKM setiap tahunnya naik cukup signifikan dengan rata-rata kenaikan mencapai 2,38% per tahun. Kebanyakan, UMKM di kota ini adalah usaha perdagangan dan industri.

“Hingga akhir tahun 2014, jumlah UMKM yang terdata pada Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang sebanyak 11.585 unit. Dari jumlah tersebut, perannya sungguh luar biasa, karena mampu menyerap tenaga kerja sebanyak kurang lebih 18.000 orang. Inilah yang mendorong Pemkot Semarang terus memberdayakan eksistensi UMKM melalui pembinaan kegiatan usaha, manajemen, pemasaran dan juga permodalan agar UMKM tidak hanya berkembang namun juga mandiri,” ungkap Adi Tri Hananto.dalam Gelar Inovasi UMKM Koperasi dan PKBL Expo yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang bersama PT Feraco di Java Mall Semarang, seperti dilansir dalam laman resmi Pemkot Semarang, Kamis (21/5).

Menurutnya, pelaku usaha UMKM juga harus bisa manfaatkan momen untuk menimba ilmu dan terus berinovasi untuk mempersiapkan diri menghadapi MEA 2015.

“Indonesia memiliki produk yang unggul, berdaya saing dan unik, untuk itu jangan menjadikan Indonesia sebagai pasar bagi produk luar. Belajar memahami selera konsumen dan selera pasar serta segmentasinya, sebagai referensi untuk meningkatkan kualitas produk,” tambahnya.

Promosi Produk Indonesia

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Litani Satyawati, meyebutkan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk unggulan dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu juga dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan dan informasi tentang produk-produk unggulan daerah sebagai upaya meningkatkan kualitas produk UMKM.

“Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong inovasi dan kreatifitas UMKM serta mendorong daya saing UMKM dalam rangka menyongsong pasar bebas. Mendorong UMKM untuk menambah wawasan dan saling bertukar pengetahuan tentang keunggulan dan potensi pasar antar-daerah serta mengembangkan peluang pasar baik kepada UMKM Kota Semarang maupun UMKM daerah lain,” kata Litani.

Ketua TP PKK Tia Hendrar Prihadi yang pagi itu hadir, terlihat berkeliling mengunjungi stand yang berjejer rapi di atrium Java Mall. “Produk-produk yang meramaikan kegiatan ini merupakan produk-produk yang memiliki kualitas mumpuni, dengan karakter dan keunikan khas daerah masing-masing. Harganya pun kompetitif karena langsung didatangkan pengrajinnya,” tandasnya.