Pilwakot Semarang, Ahwani Ad-dakhil: Semarang Membutuhkan Pemimpin Berjiwa Budaya

Ketua Forum Perantara, Ahwani Ad-dakhil. (Foto: Galang Taufani/ Semarang Daily)
Ketua Forum Perantara, Ahwani Ad-dakhil. (Foto: Galang Taufani/ Semarang Daily)

Semarang Selatan, SEMARANGDAILY**Menjelang akan diselenggarakannya Pilwakot Semarang 2015, Ketua Forum Persaudaraan Antar Etnis Nusantara (Perantara), Ahwani Ad-dakhil, mengatakan Kota Semarang membutuhkan calon sosok Kepala Daerah yang memiliki jiwa budaya. Hal ini diuangkapkannya kepada Semarangdaily, Senin, (24/5/15)

Ahwani mengungkapkan bakal calon pemimpin Kota Semarang harus punya kapasitas, kapabilitas, moralitas, dan budaya. Hal ini penting karena identitas budaya dan bangsa merupakan hal yang niscaya dibutuhkan sebuah bangsa.

“Hari ini kita membutuhkan seseorang pemimpin yang mengerti budaya dan identitas bangsanya”, ungkapnya.

Ia mengungkapkn jika budaya akan melahirkan mentalitas kebangsaan. Sehingga, akan menghilangkan mentalitas korporasi dan individual.

“Budaya itu akan melahirkan mentalitas kebangsaan. Bukan mentalitas korporasi atau individual. Sehingga kita butuh pemimpin yang punya jiwa kepemimpinan berdasarkan karakter budaya bangsa”, tambahnya.

Ahwani menjelaskan bahwa hari ini harus diakui bahwa kota-kota besar di pulau jawa kehilangan identitasnya, salah satunya di Semarang. Sangat sulit menjawab identitas Semarang. Kekaburan ini menyebabkan Semarang sedikit tertinggal dengan kota-kota lain.

“Ini harus secepatnya dikembalikan lagi. Terutama sekali berbicara aspek kesenian di Semarang”, ungkapnya.

Sebagai ibu kota provinsi harusnya budaya yang ada di semarang dapat semakin eksis. Pemerintah harus bisa merangkul semua budaya yang hidup di Semarang. Tidak hanya budaya lokal tapi juga budaya-budaya nusantara lainnya. Jika dikalkulasi, lebih dari separuh budaya nusantara di Indonesia ada di Kota lumpia ini.

Pilkada 2015

Seperti diketahui Kota Semarang merupakan salah satu daerah dari tujuh belas daerah yang akan menyelanggarakan pemilihan kepala daerah. Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah meminta para penyelenggara di tujuh belas daerah untuk mulai mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang akan diselenggarakan pada 2015 agar dapat berjalan dengan lancar.

Selain Kota Semarang yang akan melaksanakan pilkada pada 2015 itu di Jawa Tengah, adalah Kota Pekalongan, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal, Kota Magelang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Pemalang.