Kerjasama Antar Daerah, Strategi Jateng Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Ganjar Pranowo saat hadir dalam eminar nasional Bank Indonesia tentang 'Memperkokoh Stabilitas, Mempercepat Reformasi Struktural untuk Mempermudah Fundamental Ekonomi' di Kantor BI Kanwil V Semarang, Kamis (30/4).
Ganjar Pranowo saat hadir dalam eminar nasional Bank Indonesia tentang ‘Memperkokoh Stabilitas, Mempercepat Reformasi Struktural untuk Mempermudah Fundamental Ekonomi’ di Kantor BI Kanwil V Semarang, Kamis (30/4).

Kota SemarangSEMARANGDAILY**Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendorong kerja sama antar pemerintah daerah untuk meningkatkan pertumnuhan ekonomi Jawa Tengah.

Ganjar mengatakan hasil pertanian di Jawa Tengah diminati banyak daerah. Seperti Kota Padang yang sangat berminat dengan  komoditas cabai dan Pemerintah Kota Depok yang ingin membeli komoditas jagung dan beras. Peluang tersebut, menurut Ganjar tidak boleh disia-siakan dan harus dimanfaatkan dengan melakukan kerjasama antar pemerintah daerah.

“Saya lagi coba untuk shakehand dengan beberapa kepala daerah. Salah satunya Wali Kota Depok yang minta komoditas jagung dan beras Jawa Tengah dikirim kesana,” katanya saat memberi sambutan dalam acara launching buku Bank Indonesia yang ke tujuh serta pembukaan seminar nasional Bank Indonesia tentang ‘Memperkokoh Stabilitas, Mempercepat Reformasi Struktural untuk Mempermudah Fundamental Ekonomi’ di Kantor BI Kanwil V Semarang, Kamis (30/4).

Ganjar menilai, kerjasama yang terjalin antar pemerintah daerah akan memutus rantai perdagangan melalui pihak ketiga yang sering ‘memainkan’ harga dan merugikan petani.

“Saya lagi coba untuk kerjasama dengan Ahok agar beras Jawa Tengah dapat masuk ke Jakarta melalui BUMD. Tidak lagi masuknya ke pedagang yang memainkan harga beras sampai Rp 12.000 – Rp 14.000 per kilogram,” sambungnya.

Selain mengejar kerjasama dengan pemerintah daerah, Ganjar juga meminta bantuan BI untuk menyediakan ‘CCTV’ ekonomi yang dapat memantau pergerakan komoditas di Jawa Tengah setiap harinya melalui sebuah gadget. Melalui ‘CCTV’ itu, Ganjar berharap tidak hanya  memantau harga komoditas di pasar, namun sekaligus dapat mengendalikan inflasi di  seluruh daerah di Jawa Tengah.

Ganjar juga mengapresiasi langkah pemerintah pusat yang membantu  terealisasinya pembangunan Bandara Ahmad Yani Semarang. Tidak hanya Bandara Ahmad Yani, dirinya pun sudah meminta bantuan pemerintah pusat agar membantu mempercepat pembangunan Bandara Wirasaba di Purbalingga dan Bandara Ngloram di Blora agar pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah terus meningkat.