Creanovation Awards, Cara Udinus Dorong Bibit Unggul Pencipta Produk Kreatif

Creanovation Awards yang merupakan kegiatan tingkat nasional ini pendaftarannya sudah dibuka sejak awal tahun 2015, dan mendapatkan proposal dari 134. (Foto: Udinus)
Creanovation Awards yang merupakan kegiatan tingkat nasional ini pendaftarannya sudah dibuka sejak awal tahun 2015, dan mendapatkan proposal dari 134. (Foto: Udinus)

Semarang Selatan, SEMARANGDAILY**Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dihadiri ratusan siswa-siswi yang menghadiri lomba Creanovation Awards tingkat nasional pada, Sabtu (23/5/15)

Sebanyak 26 tim yang lolos seleksi, mempresentasikan produk ciptaan mereka dengan apik dihadapan dewan juri. Adapun ketiga juri tersebut adalah Antonius Sugiyarto praktisi kayu SMK PIKA, Hana lestari Dosen Teknik Industri dan Yuliman Purwanto, Dekan Fakultas Teknik Udinus.

Creanovation Awards yang merupakan kegiatan tingkat nasional ini pendaftarannya sudah dibuka sejak awal tahun 2015, dan mendapatkan proposal dari 134. Dari semua pendaftar hanya 26 tim yang lolos. Lomba kreativitas dan inovasi SMA/SMK tingkat nasional ini bertujuan mancari bibit unggul yang kreatif dan inovatif dalam menciptakan produk atau piranti.

“Seperti kata Bung Karno, berikan aku satu pemuda maka akan aku guncang dunia. Besarnya bangsa ini nantinya akan berasal dari pemuda-pemuda kita. Creanovation Awards ini telah menjadi wadah yang tepat untuk mengguncang dunia dengan kreativitas dan inovasinya,” ujar Pulung Nurtantio Andono, Wakil Rektor III disela sambutannya, seperti dilansir dalam halaman resmi Udinus.

Simple Fish Dryer dari SMA N 8 Bulukumba Sulawesi selatan berhasil membuat para juri beranjak dari kursinya untuk melihat produk pengering ikan itu lebih dekat.

“Karena 46% Bulukumba itu laut, makanya kita bikin Simple Fish Dryer ini untuk di ajukan lomba. Dan kebetulan sekali sekolah kami sangat antusias mendukung kami mengikuti lomba ini,” jelas Nurul Fitri Syahrir salah satu anggota tim.

Produk ciptaan yang bisa mengeringkan ikan lebih cepat ini berhasil membawa pulang juara favorit semua kategori.

Creanovation Awards yang diselenggarakan Fakultas Tehnik Udinus ini mengelompokan jenis lomba dalam beberapa kategori. Diantaranya Produk Olahan Makanan, Perkakas/Alat Bantu, Game / Penalaran (Pembelajaran, e-Learning), Green Technology, dan lain-lain. Setiap kategori yang dimunculkan menelurkan produk-produk yang kreatif dan inovatif.

Riset, Jawab Tantangan Pasar

Seperti diketahui, dimasa pemerintahan Presiden Joko Widodo, memberikan perhatian besar terhadap riset yang dapat langsung menjawab tantangan pasar. Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir, mendorong penuh agar para peneliti untuk melakukan riset yang berdasarkan permintaan (base on demand). Hal ini karena agar penelitian tersebut akan berguna bagi masyarakat

Untuk Juara 1 diraih dari tim SMAN 3 Cilacap, Juara 2 diraih dari tim SMAN 17 Palembang, Juara 3 diraih dari tim SMKN 7 Semarang. Kategori produk olahan makanan dijuarai produk dari tim SMAN 1 Bulukumba. Kategori green teknologi dijuarai oleh produk dari tim SMKN 1 Depok. Kategori permainan atau penalaran dijuarai oleh produk dari tim SMK Telkom Malang. Kategori perkakas atau alat bantu dijuarai produk dari tim SMA Muhammadiyah 1 Babat. Sedangkan kategori lain-lain-lain dijuarai oleh produk dari tim SMAN 3 Cilacap dan juara favorit semua kategori adalah SMA N 8 Bulukumba. Sedangkan tim yang sukses memboyong piala bergilir adalah SMAN 3 Cilacap dengan produk inovatifnya “permen jelly pereda sakit gigi”.