Pasar Branding, Strategi Media Pemasaran UMKM

DocPB2_13
Event Pasar Branding saat diselenggarakan di Wisma Perdamaian, Semarang. (Foto: Pasar Branding#2)

Kota Semarang, SEMARANGDAILY**Mahasiswa Seni Rupa Konsentrasi DKV Unnes kembali menyelenggarakan kegiatan pameran karya komunikasi visual bagi UMKM, yang disebut dengan Pameran Pasar Branding.Terinspirasi dengan kesuksesan gelaran pameran Pasar Branding pada tahun 2014 yang lalu. Acara ini diselenggarakan kembali bertempat di Wisma Perdamaian, Semarang, 10-11 April 2015.

Pasar Branding merupakan gelaran karya komunikasi visual hasil rancangan mahasiswa yang telah melalui proses seleksi. Proses seleksi tidak hanya melibatkan dosen saja, namun juga perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM. Mengusung konsep yang sama dengan tahun sebelumnya, pameran ini diberi tajuk “Pasar Branding #2” untuk menunjukkan bahwa kegiatan tersebut merupakan keberlanjutan dari kegiatan pada tahun sebelumnya.

“Kami tidak sekedar merancang karya yang bagus dari aspek estetis saja, namun juga harus mempertimbangkan strategi media yang tepat dan sesuai untuk mendukung kegiatan pemasaran UMKM yang jadi klien kami.” ujar Herni Nurul Fajri, Wakil Ketua Panitia.

Karya komunikasi visual yang dipamerkan meliputi desain label dan kemasan, desain POP, Booth dan merchandise yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kapabilitas UMKM yang dijadikan sebagai klien.

Bertemunya Stakeholders

“Harapannya kegiatan ini bisa menjadi ajang bertemunya banyak pihak, mulai dari instansi pemerintahan seperti Dinas Koperasi dan UMKM, pelaku UMKM, praktisi di bidang desain, mahasiswa, akademisi, alumni dan tentu saja masyarakat umum”, ujar Dwinda Mauwaldi, selaku Ketua Panitia..

Pembukaan pameran Pasar Branding #2 diikuti oleh 32 mahasiswa. Selain itu, juga ada rentetan kegiatan yaitu diskusi dan sharing tentang branding. Tidak hanya itu, dalam event ini dilaksanakan juga DKV AWARD yang merupakan ajang penghargaan bagi karya-karya mahasiswa DKV Unnes yang meliputi fotografi, branding/desain identitas visual, tipografi, multimedia interaktif, iklan tayang dan film pendek. Penghargaan untuk alumni DKV Unnes yang diniai berkontribusi pada lembaga melalui kiprahnya di bidang desain komunikasi visual skala lokal maupun nasional.