Kenalkan Karya Civitas Akademika, Unnes Gelar Pameran Produk Unggulan

Kota Semarang SEMARANGDAILY**Universitas Negeri Semarang (Unnes) gelar pameran produk unggulan di Duta Pertiwi (DP) Mall Semarang. Beberapa produk unggulan yang dipamerkan antara lain seperti permainan woodball, tonnis, simulator sensor mobil, lukisan dan animasi media pembelajaran karya mahasiswa. Disamping itu, berbagai stand batik binaan Unnes turut memeriahkan pameran kali ini.

Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman, menyampaikan melalui pameran produk unggulan ini, diharapkan masyarakat akan semakin mengenal karya-karya yang terlahir dari civitas akademika Unnes.

“Ini merupakan pameran yang luar biasa, dan menjadi kegiatan yang istimewa di serangkaian kegiatan Dies Natalis Unnes ke-50 ini,” tutur Fathur Rokhman.

Kampus, lahirkan riset aplikatif

Selama ini, banyak penelitian perguruan tinggi hanya menjadi menara gading, tersimpan rapi di perpustakaan. Seharusnya, kampus melahirkan riset yang aplikatif dan merakyat.

Semangat inilah, kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti), M Nasir, yang mendasari penggabungan dua bidang tersebut dalam Kemenristek Dikti. Riset perguruan tinggi, kata Nasir, seharusnya dapat berperan nyata dalam persoalan bangsa untuk kemajuan bangsa dan tidak terhenti dalam publikasi ilmiah atau sekadar pengajuan hak kekayaan intelektual (HAKI).