Jamin Kemudahan Masyarakat, Pemkab Semarang Lakukan Terobosan Pelayanan Umum

Kantor Bupati Semarang (Foto: Sosianews)
Kantor Bupati Semarang (Foto: Sosianews)

Semarang kota SEMARANGDAILY**Guna memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pemerintahan, Pemkab Semarang melakukan berbagai terobosan pelayanan umum. Diantaranya dengan pelayanan e-KTP secara keliling, aneka perizinan dan pelayanan KB.

“Pemkab Semarang memberikan prioritas pelayanan umum agar masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan termasuk pembuatan KTP elektronik,” kata Bupati Semarang H Mundjirin disela-sela acara gelar pelayanan terpadu lintas sektoral di halaman Kantor Kecamatan Bringin, seperti dilansir dihalaman resmi Pemkab Semarang, Jum’at (17/4/15).

Ditambahkan oleh Bupati, komitmen perluasan aKses pelayanan umum juga dilakukan di wilayah Bringin yang berbatasan dengan Kota Salatiga. Dengan begitu, warga dapat memperoleh pelayanan umum pemerintahan dengan cepat.

Sementara itu Camat Bringin. Muhammad Tamwir, mengamini hal itu. Menurutnya, banyak warga yang merasa terbantu dengan adanya pelayanan umum keliling.

“Pelayanan keliling sangat membantu masyarakat dan diharapkan terus dilaksanakan. Meski telah ada pelayanan terpadu kecamatan (PAT|EN), Kami berharap dari SKPD terkait untuk meningkatkan intensitas pelayanan kelilingnya,” tegas Tamwir.

Perhatian Serius

Menurut Tamwir, pelayanan KTP elektronik saat ini perlu mendapat perhatian serius. Sebab kemampuan pelayanan di tingkat kecamatan tidak sebanding dengan tingginya animo masyarakat mengurus KTP elektronik.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Valeato Sukendro yang ditemui di lokasi kegiatan menambahkan pihaknya juga melaksanakan pelayanan perizinan keliling ke setiap kecamatan.

“Pelayanan yang diberikan antara lain penerbitan SIUP dan TDP. Setiap Kecamatan mendapat dua kali kunjungan setiap bulannya,” terangnya.

Salah seorang warga, Sudarti (60) mengaku senang dengan adanya pelayanan KTP elektronik terpadu ini.

 “Pelayanan seperti ini semakin memudahkan warga seperti Saya. Apalagi ini gratis,” ujarnya.