Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, PTN Jateng-DIY Bentuk FKP3M

Perguruan Tinggi Negeri (PTN-PTKIN) se-Jateng DIY sepakat untuk menyempurnakan terbentuknya kepengurusan Forum Komunikasi Pengelola Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (FKP3M) PTN-PTKIN se Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) (Foto: UIN Walisongo)
Perguruan Tinggi Negeri (PTN-PTKIN) se-Jateng DIY sepakat untuk menyempurnakan terbentuknya kepengurusan Forum Komunikasi Pengelola Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (FKP3M) PTN-PTKIN se Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) (Foto: UIN Walisongo)

Ngaliyan, SEMARANGDAILY**Dalam rangka meningkatkan kerjasama dalam hal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, 20 Perguruan Tinggi Negeri (PTN-PTKIN) se-Jateng DIY sepakat untuk menyempurnakan terbentuknya kepengurusan Forum Komunikasi Pengelola Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (FKP3M) PTN-PTKIN se Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Adapun program kerja Forum ditetapkan dalam empat pilar prioritas. Empat pilar tersebut meliputi resource sharing, peningkatan kompetensi daya saing penelitian dan pengabdian, advokasi, serta keroyok bareng atau kerjasama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Perguruan Tinggi Negeri se-Jateng DIY.

Wakil Rektor 1 UIN Walisongo, Dr. Musahadi, menegaskan pentingnya Forum Komunikasi ini untuk memperkuat jaringan antar Perguruan Tinggi untuk saling berbagi dan bersinergi dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Forum Komunikasi membuka selebar-lebarnya kerjasama dengan setiap stake holder, baik di tingkat regional, nasional maupun internasional, untuk bersama-sama meningkatkan kualitas penelitian-penelitian di lingkungan Perguruan Tinggi dan pengabdian kepada masyarakat khususnya di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Seperti dilansir halaman resmi UIN Walisongo, pertemuan Forum ini diselenggarakan pada Sabtu (21/3) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto pada tanggal 13-14 September 2014. Selanjutnya pertemuan Forum ini akan dilaksanakan dua kali dalam satu tahun secara bergilir.

Potensi Universitas

Seperti dietahui, ada banyak dan lebih dari 20 PTN-PTKIN yang ada d Jawa Tengah dan DIY. Hal ini merupakan potensi yang sangat besar dalam rangka mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dimana dengan adanya sinergistitas akan mendorong fungsi yang baik bagi kampus dalam melakukannya.

perguruan tinggi sebagai pusat ilmu pengetahuan, harus mampu memecahkan persoalan sosial. Kampus tidak boleh menjadi menara gading ditengah masyarakat, artinya kampus harus mampu memberikan dampak positif masyarakat disekitarnya

Terpilih sebagai Ketua Forum Prof. Dr. Darsono dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Sekretaris Prof. Dr. Totok Sumaryanto dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Wakil Sekretaris Dr. Sholihan dari UIN Walisongo Semarang. Selain diagendakan untuk membentuk kepengurusan baru kegiatan ini juga sekaligus menyusun dan menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.