Capai Kunjungan 1500 Orang Per Hari, Lawang Sewu Destinasi Utama Kota Semarang

Lawang Sewu (Coretan Petualang Blogspot)
Lawang Sewu (Coretan Petualang Blogspot)

Kota Semarang, SEMARANGDAILY**Sebagai landmark kota Semarang, Lawang sewu merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjung oleh setiap orang yang mengunjungki Kota Semarang. Tidak hanya keelokan bangunan serta nilai seni arsitektur yang dimilikinya, namun lawang sewu memiliki segudang sejarah menjadi magnet perhatian.

Bangunan bersejarah Lawang Sewu Semarang setiap harinya dikunjungi setidaknya 1.000 hingga 1.500 wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Kalau dirata-rata memang segitu, 1.000-1.500 orang/hari. Pada hari libur atau hari raya, lebih banyak lagi,” kata Manager Museum PT Kereta Api Indonesia (KAI) Sapto Hartoyo di Semarang, seperti diberitakan dalam laman Promosi Wisata Pemprov Jateng, Jumat, (27/2/15)

Ia menyebutkan jumlah wisatawan yang mengunjungi Lawang Sewu pada Januari 2015 tercatat sebanyak 54.256 orang, atau meningkat sekitar 32 persen dibanding Januari 2014 sebanyak 40.825 orang. Ia mengungkapkanjumlah pengunjung Lawang Sewu pada tanggal 1 Januari 2015 atau memasuki tahun baru mampu menembus sampai 5.000 orang dalam satu hari yang merupakan angka cukup fantastis.

Menurut dia, pengunjung Lawang Sewu yang kini difungsikan sebagai museum perkeretaapian sebanyak itu kebanyakan memang dari kalangan turis asing yang difasilitasi oleh biro-biro wisata.

Kerjasama Biro, Strategi Promosi

“Kami memang mengajak kerja sama biro-biro wisata untuk mengajak turis asing mampir ke sini. Terbukti, kerja sama ini mampu mendongkrak jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lawang Sewu,” katanya.

Di samping itu, ia mengatakan kerja sama juga dijalin dengan berbagai pihak untuk menggelar kegiatan di Lawang Sewu, seperti pameran, seminar, dan kegiatan seni, dan kegiatan lainnya.

Sapto mengungkapn jika jumlah pengunjung Lawang Sewu dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, mulai dari 2012 sebanyak 121.696 wisatawan, pada 2013 meningkat menjadi sebanyak 234.206 wisatawan.

“Pada 2014, jumlah pengunjung melebihi angka 400 ribu. Kami mendapatkan data pengunjung itu berdasarkan jumlah tiket masuk yang terjual. Kalau dirata-rata sekitar 1.000 wisatawan/hari,” katanya.