Camat Tembalang: Dorong Embrio Kegiatan Ekonomi Untuk Majukan Daerah

Kepala Kecamatan Tembalang, Frayarta, saat dikunjung Semarangdaily, Selasa, (7/4/14)
Kepala Kecamatan Tembalang, saat dikunjung Semarangdaily, Selasa, (7/4/14)

Tembalang, SEMARANGDAILY**Lahirnya embrio-embrio kegiatan ekonomi sangat penting bagi kemajuan daerah. Karena akan mendorong munculnya kegiatan-kegiatan ekonomi yang sama didaerah lainnya. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kecamatan Tembalang, Frayarta, saat ditemui oleh Semarangdaily, di kantonya, Selasa, (7/4/14).

“Dengan lahirnya embrio-embrio kegiatan ekonomi, maka akan mendorong kemajuan daerah”, ungkapnya.

Ia memberikan contoh jika dahulu sentra batik hanya ada satu, namun pada akhirnya dilingkungan tersebut muncul kegiatan yang sama.

“Kegiatan batik tersebut mendorong lahirnya embrio-embrio disekitarnya. Akhirnya, dilingkungan sekitar berdiri sentra-sentra batik yang sama,”

Salah satu potensi yang sangat potensial bagi Tembalang adalah sentra batik. Batik telah menjadi potensi yang menjadi unggulan di Kecamatan Tembalang. Karena popularitasnya yang sudah mendunia.

“Jika, di Semarang Selatan memiliki sentra oleh-oleh, kita memiliki sentra batik di metesah. Batik-batik ini tidak hanya sudah terkenal, namun sudah mendunia,” ungkapanya

Ia mengungkapkan jika didaerah meteseh terdapat pusat sentra batik bernama batik enam belas. Dimana batik tersebut merupakan salah satu produksi batik yang sangat besar. Bahkan, Ditempat ini orang bisa melihat proses pembuatan batik dari awal pembuatan hinggan sampai menjadi batik yang siap dipasarkan.

“Ditempat ini, orang bisa belajar, orang bisa melihat proses pembuatan batik mulai awal pembuatan sampai menjadi batik yang sudah jadi,” tambahnya.

Tidak Hanya itu, lahirnya sentra batik ini juga membawa dampak positif, dimana setiap ada tamu kapal-kapal asing yang menepi, hampir wisman selalu dibawa ke lokasi tersebut. Hal ini menarik minat pengunjung selain karena tempat pembuatan batik, hal ini juga karena lingkungan sekitar masih asri.

Strategi Promosi

Kepala Kecamatan Tembalang, mengungkapkan jika pihaknya mendorong potensi yang muncul agar dapat mengikuti beberapa pameran. Hal ini akan berdampak positif bagi perkembangan kegiatan ekonomi tersebut.

“Kita menginformasikan ke dinas koperasi dan UMKM Kota, sehingga kegiatan ekonomi tersebut bisa difasilitasi untuk mengikuti pameran-pameran potensi yang ada”, ungkapnya.

Kini, banyak didaerah kecamatan tembalang yang memiliki potensi-potensi yang sama. Dengan jenis yang beragam, misalnya kini sedang ada pengolahan pisang yang memiliki potensi untuk menjadi kegiatan ekonomi yang besar. Ia mengungkapkan juga mendorong hal tersebut, agar menjadi kegiatan ekonomi yang bermanfaat.

Pihaknya mengungkapkan, jika motode tersebut juga berlaku dengan sektor-sektor lainnya. Seperti saat ini juga banyak potensi pariwisata yang sebetulnya masih cukup bisa dikembangkan. Sehingga, nantinya akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masing-masing kelurahan.