Angkat Potensi Daerah, Semarang-Tiongkok Jajaki Kerjasama

Pemkot Semarang kerjasama dengan tiongkok (Foto: Pemkot Semarang)
Pemkot Semarang kerjasama dengan tiongkok (Foto: Pemkot Semarang)

Kota Semarang, SEMARANGDAILY**Seperti dirilisi dalam laman semarangkota.go.id, Pemkot Semarang, sedang menjajaki upaya kerja sama dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Hal itu setelah Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang dipimpin Yu Hong datang langsung ke Semarang guna pencanangan kerja sama, Senin (6/4/14).Dalam pertemuan dengan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di, rombongan membicarakan tentang potensi daerah yang bisa dikerja samakan dengan pengusaha di Tiongkok.

Yu Hong mengatakan, sejak akhir 2014, wilayah konsuler Konsulat Jenderal RRT yang ada di Indonesia, berusaha menjalin kerja sama dengan beberapa daerah di Indonesia, khususnya Kota Semarang. Diharapkan kunjungan ini dapat memperkuat kerja sama ke depan.

Yu Hong juga menyampaikan minat untuk berinvestasi dan melanjutkan kerja sama dengan pemerintah Kota Semarang. Menurutnya, banyak potensi investasi yang dapat dijajaki dan menjadi bidang kerja sama, mengingat posisi strategis Kota Semarang.

Secara hubungan sejarah, pemerintah Kota Semarang dan Tiongkok juga memiliki keterkaitan. Hal ini terbukti dengan adanya kerja sama perdagangan Kota Semarang dan Laksamana Cheng Ho yang pernah dilakukan, hingga adanya bangunan Sam Poo Kong.

“Ke depan, pemerintah Tiongkok juga akan kembali mengaktifkan kerja sama ekonomi Silk Road Maritime (jalur sutra) untuk memperkuat kerja sama dengan berbagai kota di Asia, termasuk Kota Semarang,” katanya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dalam kesempatan tersebut menyampaikan adanya berbagai kemudahan investasi di Kota Semarang seperti dari sisi infrastruktur, sarana transportasi penunjang serta sumber daya manusia.

Dengan fokus pada kegiatan perdagangan dan jasa, lanjut Wali Kota, Kota Semarang memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik dan di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.  Ke depan, Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi berharap adanya kerja sama yang dapat terjalin antara Kota Semarang dan pemerintah Tiongkok.

“Kota Semarang juga memiliki banyak potensi, di antaranya bidang properti dan perdagangan. Selain itu kami juga memiliki banyak sumber daya manusia potensial serta sumber daya alam yang berlimpah,” tandasnya.