Sekcam Semarang Selatan: Dorong Potensi Lidah Buaya

Sekretaris Kecamatan Semarang Selatan, Santi, Saat ditemui di kantorny, Senin, (23/3)
Sekretaris Kecamatan Semarang Selatan, Santi, Saat ditemui di kantorny, Senin, (23/3)

Semarang Selatan, SEMARANGDAILY**Sebagai salah satu kecamatan di Kota Semarang, kecamatan Semarang Selatan saat ini sedang mencoba mendorong pengolahan lidah buaya. Hal ini disampaikan oleh Sekertaris kecamatan Semarang Selatan, Santi, saat dikunjungi oleh Semarangdaily, Senin, (23/3).

Santi menjelaskan jika saat ini program penanaman lidah buaya baru saja dilakukan launching. Hal ini baru saja dilakukan di daerah sekitar lamper kidul.

“Perkembangannya baru ditanam di pekarangan rumah-rumah warga. Jadi, kami sedang mengangkat potensi lidah buaya tersebut. Memang sekup yang sedang digarap baru di lamper kidul. Nantinya semua kelurahan merata menanam lidah buaya,” ungkapnya.

Tujuan dari penanaman ini adalah diharapkan nantinya lidah buaya ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai salah potensi yang dimiliki kecamatan Semarang Selatan.

“Lidah buaya ini akan dijadikan sebagai segala jenis makanan, es buah, dan berbagai macam lainnya yang semuanya berasal dari lidah buaya,” tambahnya.

Santi mengungkapkan jika sebetulnya Kecamatan sudah memiliki pusat sentra oleh-oleh makanan. Namun, pihaknya tidak mempermasalahkan, lantaran hal ini akan mendorong lidah buaya sebagai potensi yang berbeda.

“Kita sudah memiliki sentra oleh-oleh yang memiliki berbagai jenis makanan yang terletak di jalan pandananaran, yang notabene disana adalah sentra pusat oleh-oleh makanan dimana segala macam makanan berada disana. Namun, saya rasa yang berbeda, saya kira baru itu lidah buaya,” jelasnya.

.Pusat Kota Hingga Pariwisata

Sejatinya kecamatan Semarang Selatan merupakan kecamatan yang menaungi pusat kota, yang notabene merupakan tempat dimana terdapat pusat bisnis dan pusat pemerintahan.

“Kita ini mengangampu wajah kota Semarang,” ungkapnya.

Sejatinya kondisi geografis ini yang menjadi potensi besar yang sudah dimiliki oleh kecamatan dan yang sudah berlangsung lama. Dengan potensi pusat kota ini semarang selatan menjadi pusat kegiatan bisnis dan pemerintahan, maka hampir seluruh kegiatan hingga event-event besar turut seringkali dilaksankan dalam wilayah ini. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin kecamatan Semarang Selatan memiliki peran strategis dalam kehidupan kota Semarang.

Dari segi perspektif wisata, Santi mangatakan jika semarang selatan memiliki potensi wisata yang bisa didorong. Ia mengungkapkan jika ada makam sunan pandanaran dan makan borgotta. Makam ini sejatinya memiliki potensi dalam wisata religius yang harus dimaksimalkan.

Ia mengungkapkan jika pada hari besar tertentu makam tersebut selalu dijejali oleh para pengunjung dan peziarah. Seringkali hingga menyebabkan akses jalan menuju lokasi menjadi macet. Ini adalah potensi yang sangat besar.

“Pada hari besar tertentu, banyak pengunjung yang datang untuk melakukan ziarah”, ucapnya.