Kepulauan Fiji Tawarkan Pengusaha Semarang Kerjasama Bisnis

Peta Kepulauan Fiji (Foto: Intelijen)
Peta Kepulauan Fiji (Foto: Intelijen)

Kota Semarang, SEMARANGDAILY**Duta Besar Republik Kepulauan Fiji, Seremaia Tui Cavualati mengajak pengusaha Indonesia, khususnya yang ada di Kota Semarang untuk mencoba menjalin kerja sama bisnis dengan negaranya. Hal itu disampaikan ST Cavualati ketika mengisi seminar bisnis di Holy Stadium, Kompleks Grand Marina Sekolah Terang Bangsa Semarang, Sabtu (14/3).

Menurutnya, ada beberapa peluang bisnis di negaranya, yang bisa dikerja samakan dengan pengusaha di Kota Semarang. Di antaranya bidang kesehatan, pariwisata, pengolahan sumber daya alam dan lain sebagainya.

“Ada banyak potensi di sana. Sumber daya alam yang kami hasilkan di antaranya singkong, talas, dan buah-buahan. Selama ini diekspor ke Australia, sebagai bahan mentah. Jika ada pengusaha di Kota Semarang yang punya alat pengolahan yang baik, bisa dimanfaatkan masyarakat Fiji,” katanya.

Potensi lain yang ada di negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik, sebelah timur Vanuatu, sebelah barat Tonga, dan sebelah selatan dari Tuvalu itu antara lain gula. Sayangnya saat ini Indonesia tak lagi mengimpor gula, sehingga peluang bisnis sektor itu belum memungkinkan.

“Saya melihat di Indonesia, pendidikan berbasis entrepreneurship sedang berkembang. Maka peluang untuk menjadi pengusaha dan menjalin kerja sama dengan negara Fiji sangat memungkinkan,” tegasnya.

Kesamaan Kultur

Secara kultur, Indonesia dan Fiji memiliki banyak kesamaan. Selain alam, ada budaya yang nyaris sama, terutama bahasa.

“Seperti kata mata dan telinga, di Fiji juga memiliki arti kata yang sama. Kebudayaan lain juga ada beberapa yang sama, di antaranya cara makan dan pengolahan jenis makanan. Tapi kami akui, orang Indonesia lebih keratif mengolah makanan seperti ubi, kelapa, dan talas. Sehingga ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan dari negara kami,” tegasnya.

Sementara Samuel, perwakilan Yayasan Terang Bangsa mengatakan, kedatangan Duta Besar Republik Kepulauan Fiji, Seremaia Tui Cavualati merupakan kunjungan informal ketika duta besar tersebut datang ke Jawa Tengah. Kehadirannya, selain untuk melihat metode pendidikan di Terang Bangsa, juga ingin dialog dengan pengusaha di Kota Semarang.

“Maka kami selenggarakan seminar ini, sekaligus untuk membuka peluang jika ada pengusaha di Kota Semarang yang ingin mengembangkan potensi bisnis di sana,” katanya.

Sebagai informasi, Republik Kepulauan Fiji adalah negara kepulaan, memiliki 322 pulau, 106 di antaranya berpenghuni. Selain itu ada pula 522 pulau kecil. Kedua pulau terbesar adalah Viti Levu dan Vanua Levu yang penghuninya meliputi 82 persen dari keseluruhan penduduk negara ini. Kepulauan ini jatuh ke tangan Britania Raya sebagai koloni pada 1874. Pada 1970 Fiji mendapatkan kemerdekaannya.