Kolaborasi Undip, James Cook, dan IRF Rehabilitasi Pantura

Kolaborasi Undip, James Cook, dan IRF Rehabilitasi Pantura (Foto: Undip)
Kolaborasi Undip, James Cook, dan IRF Rehabilitasi Pantura (Foto: Undip)

Kota Semarang, SEMARANGDAILY**Universitas Diponegoro, James Cook University Australia dan Indonesia Rainforest Foundation (IRF) siap merehabilitasi kawasan pantai utara jawa hal ini terungkap usai penandatanganan MOU dan POO di Rektorat Undip Tembalang, Rabu (4/2/15).

Rektor Undip, Sudharto P Hadi, mengatakan kejasama ini sesuai dengan pola ilmiah pokok Undip yakni coastal region eco development untuk melakukan rehabilitasi di pantai utara jawa. fenomena abrasi itu terjadi di sepanjang pantai utara mulai dari brebes sampai jepara dan sudah melakukan kegiatan-kegiatan itu di mangunharjo perbatasan jepara dengan kendal, demak, batang dan jepara. semoga dengan kerjasama dengan James-Cook dan IRF ini akan menambah pengkayaan kita akan pengelolaan wilayah pesisir.

Direktur Indonesia Rainforest Foundation, Agus Suryono, mengatakan bahwa perjanjian kerjasama antara ketiga institusi ini adalah hal yang sangat baik bagi pelestarian lingkungan di Indonesia.

“IRF sendiri sudah melakukan beberapa kegiatan di Jawa tengah seperti Forest Farming di Brebes yakni menanam mangrove seluas 15 hektar, Kerjasama dengan Perguruan tinggi seperti Undip dan James-Cook tentunya akan menghasilkan perbaikan-perbaikan di bidang teknik, manajemen, evaluasi dan monitoring”, katanya.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip, Muhammad Zainuri, mengatakan replantasi daerah pesisir menggunakan mangrove, jika komposisi penanaman mangrove dibuat bagus maka akan membentuk green belt disepanjang pantai dimana green belt ini akan menjadi salah satu alat untuk mitigasi bencana seperti mencegah abrasi, mencegah erosi dilain sisi di lahan yang ada didalamnya dapat digunakan untuk tambak dan mangrove sendiri mempunyai banyak fungsi bisa untuk sumber bahan industri seperti industri batik, makanan ternak dan lain sebagainya.

“ini berarti menandakan bahwa orang luar mulai memperhatikan lingkungan pantura, mereka datang untuk mencoba terintegrasi dengan kegiatan yang sudah ada di Undip, khususnya dengan FPIK, FPIK sendiri sudah mempunyai project kerjasama dengan MMF (Mangrove For the Future) ada sekitar tiga project di demak kami juga ada project dengan WWF di mangunharjo coverage hingga 15 hektar di daerah brebes.

Ia juga mengungkapkan ada banyak kegiatan yang akan dilangsungkan penelitian dan implementasi teknologi

“langkah yang akan dilakukan adalah inventarisasi penelitian pengembangan dan implementasi teknologi terutama dalam bidang rehabilitasi wilayah. dalam rehabilitasi wilayah pertama kali yang diatasi adalah global warming dengan penanaman kembali, penghutanan kembali yang perencanaan komposisinya berbeda dengan penghijauan yang selama ini dilakukan”, tambahnya.

FPIK akan menyertakan mahasiswa dalam penelitian sesudah itu akan dikembangkan teknologi tepat guna utnutk masalah rehabilitasi, zero waste management dan environtmental friendly. Jadi intinya bagaimana menciptakan wilayah pesisir itu suatu daerah yang bisa jadi penangkal bencana tapi juga jadi sumber kehidupan masyarakat sekitar”

Ia mengatakan bahwa undip akan mendorong bagi terciptanya poros maritim dunia.

“Harapan kami dengan adanya kerjasama ini ciri pola ilmiah pokok Undip akan makin terlihat dan memberikan peran dalam pencanangan poros maritim dunia” ujarnya

One thought on “Kolaborasi Undip, James Cook, dan IRF Rehabilitasi Pantura

  1. Ini contoh yg sangat baik…mari membangun negeri dengan menjadi manusia yg cinta tanah air…jangan rusak lingkungan hidup kita…

Comments are closed.