Unnes Dan Pemkab Semarang Lakukan Kolaborasi Penghijauan

Unnes dan Pemkab Semarang Hijaukan Bukit Gundul (Foto: Unnes)
Unnes dan Pemkab Semarang Hijaukan Bukit Gundul (Foto: Unnes)

Bancak, SEMARANG DAILY**Universitas Negeri Semarang (Unnes) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Semarang menghijaukan bukit gundul di Desa Wonokerto, Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang. Kegiatan ini diselenggarakan dengan skema Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya bersama Yayasan Damandiri.

Peluncuran program KKN Posdaya di Kabupaten Semarang secara resmi dilakukan, Sabtu (26/12).

Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman,bersama Pembantu Rektor, Dekan, Ketua LP2M, dan SatgaS KKN Unnes hadir pada acara tersebut. Adapun dari Pemerintah Kabupaten Semarang, Bupati Mundjirin juga hadir dalam acara tersebut.

Koordinator KKN Kabupaten Semarang, Sri Prastiti Kusuma Anggraeni mengatakan, ada sejumlah program KKN Posdaya di wilayah tersebut, antara lain penghijauan hutan gundul, pemanfaatan halaman dengan sayuran dan peresmian pasar tugu.

“Melalui pos daya ini Universitas Negeri Semarang ikut berkomitmen untuk ikut serta mesuksekan progam pemerintah Kabupaten Semarang menjadikan masyarakat mandiri aman dan sejahtera,” katanya.

Kebermanfaatan program itu diakui Mundjirin sangat membantu menyelesaikan beberapa masalah yang ada.

“Di daerah sini ada beberapa masalah seperti bukit gundul, pekarangan kosong, ladang yang kurang rimbun dan juga tanah longsor. Oleh karena itu, saya mengucapkan terimaksih kepada unnes yang turut ikut memperhatikan lingkungan dan dengan progam KKn ini masyarakat juga bisa lebih mandiri.”

Penghijauan Seimbangkan Lingkungan

Pepohonan sebagai sumber dasar kayu semakin berkurang akibat bertambahnya jumlah penduduk yang membutuhkan kayu untuk berbagai macam kebutuhan hidup, serta berkembangnya pengetahuan manusia yang memanfaatkan pepohonan untuk berbagai macam kegunaan. Selain itu pepohonan sangat dibutuhkan oleh mahkluk hidup sebagai penyeimbang lingkungan.

Maka dari itu kita harus melakukan penghijauan. Pengijauan dalam arti luas adalah segala daya upaya untuk memulihkan, memelihara, dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan.

Penghijauan memiliki beberapa manfaat diantaranya sebagai paru-paru lingkungan, dimana pada pertumbuhannya menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan untuk pernapasan makhluk hidup. Manfaat penghijauan yang lain adalah sebagai pengatur lingkungan, karena vegetasinya akan menimbulkan hawa lingkungan setempat yang sejuk dan nyaman. Selain itu, penghijauan juga dapat mengurangi polusi udara, vegetasinya dapat menyerap polutan tertentu serta dapat menyaring debu yang banyak kita temukan di udara. Manfaat juga sebagai pencipta lingkungan hidup dalam istilah ilmu ekologis. Penghijauan dapat menciptakan ruang hidup bagi makhluk hidup di alam, memungkinkan terjadinya interaksi secara alamiah.