Taiwan Lirik Potensi Perikanan Jateng

Potensi Jateng terutama hasil perikanan menjadi daya tarik sendiri yang memungkinkan dilakukan kerjasama dengan Taiwan (Foto: Info Akuakultur Blogspot)
Potensi Jateng terutama hasil perikanan menjadi daya tarik sendiri yang memungkinkan dilakukan kerjasama dengan Taiwan (Foto: Info Akuakultur Blogspot)

Kota Semarang, SEMARANGDAILY**Direktur Taiwan Business Club Indonesia tertarik dengan Kadin Jateng untuk melakukan kerjasama ekonomi dan perdagangan. Potensi Jateng terutama hasil perikanan menjadi daya tarik sendiri yang memungkinkan dilakukan kerjasama.

Mengingat terdapat juga beberapa pengusaha Taiwan yang terlebih dahulu telah melakukan bisnis di Jateng. Upaya untuk membuka peluang tersebut dilakukan penandatanganan MOU antara Kadin Jateng dengan Taiwan Business Club Indonesia, Sabtu (27/12/14).

Penandatanganan MOU ini dilakukan di Vina House Semarang Untuk Kadin Jateng diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Kerjasama Ekonomi Internasional, Bernadus Arwin dan pihak Taiwan diwakili Direktur Business Club, Chou Tsung Ho

Sedperti diketahui, saat ini terdapat 70 pengusaha Taiwan yang aktif, melalui kerjasama ini membuka komunikasi antara kedua belah pihak sehinga saling mengenal dan menggalang potensi masing masing di masa mendatang

Selain perikanan, Kadin Jateng juga mengatakan bahwa Mebel juga menjadi salah satu komoditas yang disepakati.

Potensi Besar

Peneliti dan Pemerhati Maritim, Farhan Hakim, mengatakan bahwa Indonesia memilliki potensi besar dalam bidang kelautan dan perikanan. Ia juga mengungkapkan Semarang harus mampu mendorong optimalisasi sektor ini.

“Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi besar dalam bidang kelautan dan perikanan. Oleh karena itu, Semarang, sebagai daerah yang langsung bersentuhan dengan laut, harus mengoptimalisasi aspek ini”, katanya.

Farhan juga mengungkapkan bahwa letak geografis adalah alasan mengapa hal ini penting untuk didorong secara serius.

“Semarang memiliki potensi maritim yang sangat besar secara geografis. Maka, sektor kelautan dan perikanan adalah sektor yang harus didorong secara penuh,” tambahnya.

Farhan mengatakan bahwa Kota Semarang memiliki beberapa infrastruktur maritim yang mampu dioptimalkan. Sehingga, akan mampu memberikan dampak yang signifikan. Semarang memiliki pelabuhan niaga, memiliki balai perikanan tangkap nasional, dan ini harus dimaksimalkan.

Tidak hanya itu, pemerintah kota Semarang harus memberikan dorongan berupa program-program yang sejatinya dapat memberikan kemudahan dalam mengangkat sektor kelautan dan perikanan sehingga menjadi komoditas utama kota Semarang.