Sambut MEA 2015, UMKM Center Siap Beroperasi

Sambut MEA 2015, UMKM Center Siap Beroperasi. (Foto: Pemprov Jateng)
Sambut MEA 2015, UMKM Center Siap Beroperasi. (Foto: Pemprov Jateng)

Kota Semarang, SEMARANGDAILY**Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dijadwalkan meresmikan operasional UMKM center yang terletak di Jalan Setiabudi Nomor 192 Semarang, Senin, (29/12/2014).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko, mengatakan peresmian operasional UMKM center dilakukan pada pukul 15.00 WIB. Selain meresmikan operasional UMKM center, gubernur juga sekaligus meresmikan PT Jamkrida Jateng, membuka operasionalisasi Bank Jateng dan BRI dan menyerahkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara simbolis.

Menurut Sujarwanto keberadaan UMKM center sangat membantu pengusaha kecil karena dilengkapi tujuh layanan usaha. Yakni ruang pamer dan penjualan produk unggulan daerah, konsultasi bisnis bagi koperasi dan UMKM, pendampingan bisnis, pelatihan bisnis dan teknis, fasilitasi akses pembiayaan, penguatan kelembagaan dan kerjasama serta layanan pustaka.

“Nantinya pusat pemasaran dan promosi bagi produk unggulan daerah Jawa Tengah dilaksanakan melalui Central Java Mart (CJ Mart) untuk aneka produk makanan dan minuman olahan dan Central Java Craft (CJ Craft) untuk kerajinan dan souvenir Jawa Tengah,” tuturnya.

Ditambahkan, jumlah produk makanan dan minuman olahan yang sudah tercatat di CJ Mart sebanyak 142 produk. Sedangkan untuk kerajinan dan souvenir sebanyak 33 produk. Pihaknya menargetkan jumlah produk yang ditampilkan di CJ Mart dan CJ Craft sebanyak 3.000 produk. Target itu diperkirakan dapat dicapai pada tahun 2015.

Sambut MEA 2015

Menjelang tahun 2015, semua negara di Asia Tenggara kini tengah sibuk mempersiapkan diri menghadapi era baru kegiatan perekonomian bebas yang disebut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC). MEA merupakan bentuk kerjasama regional ASEAN yang lahir dari penandatanganan piagam ASEAN dan Blueprint ASEAN menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 oleh para pemimpin negara ASEAN pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-13 yang dilaksanakan di Singapura pada 20 November 2007 silam. 10 Negara ASEAN yang hadir dalam KTT tersebut telah bersepakat untuk membentuk integrasi ekonomi regional pada tahun 2015.

Ganjar mengatakan UMKM Center akan menjadi pusat apapun yang dibutuhkan pengusaha, terutama pengusaha muda (Foto: Ganjar Pranowo Blogpot)
Ganjar mengatakan UMKM Center akan menjadi pusat apapun yang dibutuhkan pengusaha, terutama pengusaha muda (Foto: Ganjar Pranowo Blogpot)

Ganjar Pranowo menyatakan UMKM Center diluncurkan di Semarang karena keberadaannya akan menjadi pusat apapun yang dibutuhkan pengusaha, terutama pengusaha muda.

“UMKM Center bisa menjadi pusat apapun, ruang konsultasi, ruang belajar, cara pemasarannya, dan lain sebagainya untuk memberikan pembelajaran bagi pengusaha muda untuk bisa melihat potensi yang ada di sekitar kita,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko, menuturkan UMKM Center merupakan wadah berinovasi dan unjuk gigi bagi pengembangan koperasi dan UMKM. Rencananya pada tahun 2015 akan disediakan tujuh dokter usaha.

“Tempat ini diharapkan bisa menjadi tempat menimba ilmu bagi para pengusaha muda agar bisa mengembangkan usahanya lebih besar lagi dengan perencanaann yang baik,“ ungkapnya.

Ditambahkan, Dinas Koperasi dan UMKM Jateng dalam waktu tiga tahun ke depan akan membangun UMKM center di Kota Surakarta, Cilacap, Banyumas dan Kebumen.