Kunjungi Kampung Nelayan, Jokowi Beri Modal 300 Juta

Presiden Jokowi bertemu para nelayan Tambaklorok, Semarang, Selasa (2/12)
Presiden Jokowi bertemu para nelayan Tambaklorok, Semarang, Selasa (2/12)

Tambaklorok, SEMARANGDAILY**Setelah bertemu dengan para petinggi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di AKPOL, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengunjungi Kampung Nelayan Tambaklorok, Kota Semarang, Selasa (2/12).

Kehadiran Presiden Jokowi langsung menghebohkan warga perkampungan kawasan kumuh itu. Mereka mengerumuni dan nyaris tidak memberi kesempatan bagi Presiden untuk berbicara. Dalam kesempatan itu, Presiden sempat berbicang dengan sejumlah warga dan memberikan modal 300 juta untuk usaha para nelayan.

“Ini saya berikan bantuan ke Pak RW nanti diberikan kepada warga yang membutuhkan terutama modal Rp300 juta, udah,” kata Jokowi.

Jokowi meminta agar uang sumbangan yang diberikannya dibagi untuk jualan ikan, galangan ikan, untuk panggang ikan.

“Uangnya juga bisa untuk “ngingu” (memelihara) pitik (ayam), dan lain-lain. Uang ini saya berikan ke Pak RW, nanti dipakai modal kerja semuanya,” ucap Jokowi .

Setelah menyerahkan sumbangan, Presiden Jokowi berkeliling di sekitar tempat pelelangan ikan untuk melihat langsung hasil ikan. Jokowi juga menaiki jembatan yang hampir rapuh dari kayu diatas bantaran sungai Banjir Kanal Timur.

Di akhir kunjungannya, Presiden Jokowi secara simbolis memberikan sebuah Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada warga miskin di tempat tersebut. Jokowi berpesan agar uangnya tidak diambil secara langsung.

Selepas dari Kampung Nelayan Tambaklorok, Presiden Jokowi dan rombongan langsung menuju ke Bandara Ahmad Yani, Semarang, untuk bertolak kembali ke Jakarta.