Jateng Sabet Penghargaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Jateng Sabet Penghargaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jateng Sabet Penghargaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Foto: Pemprov Jateng)

Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah mendapat 3 (tiga) penghargaan Kementerian Pekerjaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jateng membawa tiga penghargaan sekaligus, yaitu sebagai pemenang pertama tingkat provinsi untuk sub bidang binamarga, pemenang kedua tingkat provinsi untuk sub bidang penataan ruang, dan penghargaan khusus, karena Jateng secara berturut-turut menjadi pemenang pertama.

Penghargaan untuk Jateng tersebut diterima oleh Sekda Jateng, Sri Puryono, pada Malam Penghargaan Pekerjaan Umum 2014, yang berlangsung di Gedung Kementerian Pekerjaan Umum, Jum’at, (5/12/2014).

Hadir dalam acara itu perwakilan Jateng adalah Sekda Jateng didampingi Kepala Dinas Binamarga, Kepala Dinas Ciptakataru, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jateng di Jakarta menyatakan bahwa panjang jalan provinsi di Jateng 2.565.621 km terdiri dari 263 ruang. Pada akhir tahun 2014, kondisi jalan baik 86,92% (2.230,038 km), dan kondisi sedang 13,08% (335,583 km).

Pengembangan Wilayah

Puryono menyampaiakan bahwa dalam program lima tahun kedepan penangan jalan provonsi diarahkan pada beberapa hal.

“Program 5 tahun kedepan, penangan jalan provinsi jawa tengah ditekankan untuk mendukung pengembangan wilayah perbatasan antar provinsi, jalur aksesibilitas jalan dari Pantura – Pansela, mendukung pengembangan kawasan pariwisata, penangan khusus daerah dengan struktur tanah labil (­­berpotensi longsor—red) , dan pengembangan perekonomian wilayah,” katanya.

Beberapa kegiatan yang direncanakan, antara lain, penyelesaian standarisasi lebar jalan provinsi yang ada 4-5 m menjadi minimal 6 m, menambah panjang jalan provinsi sebagai jalan kolektor standar bina marga, mendorong penyelesaian jalur lintas selatan (JJLS), dan merencanakan perlintasan sebidang dengan rel kereta api dengan fly over.

Sedangkan untuk jalan nasional yang ada di Jateng dengan panjang 1.390,571 km dalam tahun 2014 semester I (Juni 2014) kemantapan jalan mencapai 86,57% (1.203,840 km) dan tidak mantap 13,43% (186,731 km). Diharapkan pada Semester II atau akhir 2014 kemantapan jalan nasional di Jateng mencapai 100%.

Program 5 (lima) tahun kedepan penanganan jalan nasional di Jateng, perhatian utamanya menaikkan travel time dan menurunkan waktu tempuh antara beberapa kawasan, antara lain, KPI (Kawasan Perhatian Investasi), KSN (Kawasan Strategis Nasional), Jalur ke Pelabuhan, MP3EI.