Ganjar Pranowo : Produksi Tanaman Pangan Sokong Kebutuhan Nasional

Ganjar Mengatakan Produksi Tanaman Pangan Jateng Sokong Kebutuhan Nasional (Foto: Ganjar Pranowo Blogpot)
Ganjar Mengatakan Produksi Tanaman Pangan Jateng Sokong Kebutuhan Nasional (Foto: Ganjar Pranowo Blogpot)

Kota Semarang, SEMARANGDAILY**Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan terus menggenjot peningkatan produksi tanaman pangan untuk menyokong kebutuhan pangan nasional. Untuk merealisasikannya akan dilakukan pembukaan lahan pertanian baru.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat hadir dalam Rakor Badan Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Jateng di Badan Diklat, Selasa(10/12) mengatakan kebutuhan pangan untuk masyarakat Jawa Tengah sudah mencukupi. Tetapi Jawa Tengah dituntut meningkatkan produksi pertanian untuk berkontribusi memenuhi kebutuhan pangan nasional.

Dia menjelaskan target swasembada beras, jagung, dan kedelai, serta peningkatan produksi gula untuk kebutuhan nasional bisa dilihat dari capaian yang ada. Untuk padi capaiannya sebesar 73,40 juta ton GKG, jagung 20 juta ton, kedelai 1,20 juta ton dan gula 2,95 juta ton. Sementara kebutuhannya untuk beras 31,49 juta ton, jagung 15,11 juta ton, kedelai 2,24 juta ton dan gula 2,84 juta ton. Dari data tersebut diketahui komoditas kedelai yang perlu ditingkatkan secara signifikan. Upaya peningkatan produktivitas kedelai sudah mulai dilakukan dengan membuka lahan pertanian baru. Hasilnya dalam jangka waktu sudah berhasil meningkatkan produksi sebesar 29 persen. Pembukaan lahan pertanian baru juga akan dilakukan untuk komoditas lain.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Kementerian Pertanian untuk membuat demplot sistem penanaman padi yang dikenal dengan konsolidasi lahan seluas 100 hektare, yang nantinya dikelola secara modern.