Festival Kreatif Semarang, Caraka Festival Siap Dihelat

Festival Kreatif Semarang, Caraka Festival Siap dihelat (Foto: Semarangnewsonsky Blogspot)
Festival Kreatif Semarang, Caraka Festival Siap dihelat (Foto: Semarangnewsonsky Blogspot)

Tembalang, SEMARANGDAILY**Dalam bulan ini akan diadakan sebuah acara yang mengangkat tema kreativitas pemuda di Semarang. Acara yang diselenggarakan di Semarang ini disebut Caraka Festival. Caraka adalah sebuah festival kreatif yang sengaja didesain khusus mahasiswa se-Indonesia.

Berawal dari semangat para mahasiswa pecinta dunia kreatif Semarang, Playon Kreadtiv sebagai komunitas kreatif Semarang mempunyai ide untuk membuat sebuah festival kreatif khusus mahasiswa Indonesia karena belum ada sebuah festival kreatif yang khusus mewadahi potensi kreatif mahasiswa Indonesia.

Penyelenggaraan acara ini dilaksanakan oleh HMJ Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP & Playon Kreadtiv, dan berkolaborasi dengan DKV Universitas Katolik Soegijapranata. Ide perhelatan besar ini disupport penuh oleh PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia) Pengda Jateng, dan semua sepakat untuk bersama-sama saling support dan mengembangkan festival kreatif ini

Dalam laman sambutan Caraka Festival, Head Project Officer, Anggita P Sandya, menyampaikan bahwa festival ini memiliki kontribusi dalam pembangunan mahasiswa agar dapat bersaing di dunia industri

“Caraka turut berkontribusi untuk Indonesia melihat sejauh mana mahasiswa dapat bersaing di dunia industri baik nasional dan internasional,” katanya.

Dengan tema-tema sebelumnya yang mengangkat tema lingkungan dan sosial, festival ini selalu mengajak mahasiswa untuk dapat melihat keluar, peka dan dapat bergerak dengan sekitarnya. Caraka tidak hanya sebagai penghubung tetapi juga sebagai wadah bagi industri kreatif untuk melihat potensi-potensi insan kreatif yang ada di Indonesia.

Anggita mengungkapkan visi festival ini memiliki tujuan membuka wawasan dalam indsutri periklanan.

“Visi Caraka sebagai sebuah festival kreatif khusus mahasiswa yang bertujuan membuka wawasan, membuktikan dan menyiapkan mahasiswa ke industri periklanan sudah terbukti dengan banyaknya alumni Caraka yang sudah bekerja di industri kreatif,” tambahnya.

Acara akan berlangsung selama tiga hari, pada tanggal 18-20 Desember 2014. Agenda dalam acara itu adalah seminar, camp finalis, workshop, dan awarding. Beberapa pembicara yang hadir dalam acara tersebut adalah Reza Tarmizi (Ketua HIPMI Jateng), Eri Kuncoro (Direktur Sales and Marketing Koran Suara Merdeka), Beda Perkasa (Manager White and Shoes The Couple Company), dan beberapa banyak pembicara lainnya.