Bappeda Semarang Gelar Festival Hijau

Bappeda selenggarakan Festival Hijau (Foto: Pemkot Semarang)
Bappeda selenggarakan Festival Hijau (Foto: Pemkot Semarang)

Sampangan¸SEMARANG DAILY** Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Semarang menggelar kegiatan Festival Hijau di Taman Sampangan, Minggu (30/11).

Dalam kesempatan itu, selain melakukan penanaman bibit pohon, panitia juga mengajak pejabat pemerintahan yang hadir untuk turun ke Kali Sampangan guna melakukan pembersihan sampah. Pejabat yang hadir di antaranya Kepala Bappeda Kota, Bambang Haryono, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Semarang Ayu Entis, Sekretaris PSDA-ASDM Rosyd Hudoyo pun tanpa sungkan turun ke sungai untuk melakukan pembersihan sampah.

Kepala Bappeda Kota, Bambang Haryono, mengatakan, acara ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat agar mau berpartisipasi dalam pemeliharaan dan pemanfaatan ruang terbuka hijau.

“Tapi dalam pemanfaatannya pun harus tetap menjaga kebersihan. Maka kami ajak tamu yang hadir untuk ikut bersihkan sungai yang berdekatan dengan Taman Sampangan,” katanya.

Pihaknya juga ingin merangsang masyarakat agar menjadikan ruang terbuka hijau sebagai kebutuhan. Di antaranya dengan mengoptimalkan fungsi ruang terbuka sebagai tempat yang nyaman untuk beraktivitas masyarakat.

Kasubid Perencanaan Ruang dan Lingkungan Hidup Bappeda Kota Semarang, Nik Setyani mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian aktivitas yang dikembangkan dalam Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang diprakarsai Dirjen Penataan Ruang Kementrian Pekerjaan Umum.

“Tahun ini kami juga akan menyusun visi kota hijau dan terus memperluas jejaring dan kemitraan dalam pengembangan Kota Hijau dengan aktor yang semakin beragam,” katanya.