Albicia Hamzah : Semarang Potensi Kembangkan Wisata Bahari

Albicia Hamzah mengatakan bahwa Kota Semarang memiliki Potensi Kembangkan Wisata Bahari (Foto: Surakarta Daily)
Albicia Hamzah mengatakan bahwa Kota Semarang memiliki Potensi Kembangkan Wisata Bahari (Foto: Surakarta Daily)

Kota Semarang, SEMARANGDAILY**Pengembangan dan pembangunan di Kabupaten Semarang sudah tidak bisa dipungkiri lagi, icon kota perdagangan dan wisata belanja sangat melekat dengan Kota Semarang, namun wisata bahari tidak boleh dipinggirkan. Kota Semarang memiliki potensi Kembangkan Wisata Bahari sebagai komoditas daerah. Hal ini diungkapkan oleh Praktisi Promosi Daerah, Albicia Hamzah, Senin, (29/12/14)

“Konsentrasi tentang pariwisata Bahari (pantai/laut—red) diharapkan jangan sampai terlupakan bahkan terpinggirkan, karena Indonesia sebagai negara kepulauan berpotensi besar untuk mengembangkan potensi wisata bahari”, katanya.

Albicia mengatakan keragaman hayati dan kebhinekaan sosial budaya memiliki keunikan dan daya tarik bagi wisatawan nusantara dan mancanegara. Ia juga mengungkapkan pengembangan potensi wisata bahari memiliki arti strategis di berbagai sektor. Oleh karena itu, pengembangan wisata bahari merupakan sebuah keniscayaan.

“Pengembangan potensi bahari memili arti strategis dalam pengembangan budaya bahari, usaha multisektor, ekonomi daerah, dan penguatan peran serta masyarakat,” tambahnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan potensi pariwisata di pesisir dan laut sangat luar biasa dan banyak diminati. Untuk itu dirinya mendorong pembangunan pariwisata pesisir dan laut. Hal ini disampaikan dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Pengurus Daerah (Pengda) Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Jawa Tengah, di Hotel Holiday Inn, Oktober lalu.

Selain itu, peneliti dan pemerhati maritim, Farhan Hakim juga mengatakan bahwa Kota Semarang memiliki potensi maritim yang sangat besar secara geografis. Oleh karena itu, sektor kelautan adalah sektor yang harus didorong secara penuh

“Semarang memiliki geografis yang bersentuhan dengan laut, ini adalah potensi besar yang harus dimaksimalkan untuk kesejahteraan rakyat”, katanya.

Oleh karena itu, Farhan mendorong agar model pembangunan yang ada di semarang juga harus berorientasi pada pada sektor kelautan (Ocean Based Development), tidak hanya pada daratan (Land Based Development).

Fokus Utama Era Jokowi

Seperti diketahui, bahwa dalam era kepemimpinan Presiden Joko Widodo pembangunan identitas maritim Indonesia akan dijadikan sebagai salah satu fokus pembangunan. Wisata bahari yang mencerminkan identitasi maritim akan terus didorong. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pariwisata, Airef Yahya, yang mengatakan bila wisata bahari menjadi target khusus di era Presiden Jokowi. Oleh karena itulah, dirinya sudah mempersiapkan strategi demi mematangkan target tersebut.

Arief menegaskan, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi besar untuk pengembangan pariwisata bahari. Ia menekankan pentingnya upaya untuk meningkatkan aksesibilitas, infrastruktur, fasilitas pariwisata, dan sumber daya manusia.

Secara global, tren pariwisata bahari terus meningkat, termasuk kunjungan ke destinasi wisata bahari di Asia. Data kunjungan di destinasi pariwisata bahari unggulan di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam 3 tahun belakangan ini.