Semarang Luncurkan UMKM Center

 

Suasana peluncuran UMKM. (Foto: Pemprov Jateng)
Suasana peluncuran UMKM. (Foto: Pemprov Jateng)

Kota Semarang, SEMARANG DAILY** UMKM Center diluncurkan di Semarang. Dengan demikian, keberadaannya akan menjadi pusat apapun yang dibutuhkan pengusaha, terutama pengusaha muda. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Selasa (25/11).

“UMKM Center bisa menjadi pusat apapun. Ruang konsultasi, ruang belajar, cara pemasarannya, dan lain sebagainya untuk memberikan pembelajaran bagi pengusaha muda untuk bisa melihat potensi yang ada di sekitar kita,” katanya.

Ganjar menambahkan, umumnya, pengusaha akan dihadapkan pada kendala pemasaran dan permodalan. Di era digital ini, Ganjar menyarankan agar pengusaha memanfaatkan sosial media.

“Marketing lewat internet untuk bisnis. Sudah bukan zamannya door to door. Saat ini barang hasil usaha harus sudah dijual dengan memanfaatkan media online. Mumpung masih gratis. Sehingga bisa lebih cepat menjualnya,” ujarnya.

Nanti pemerintah akan terus memantau usaha apa saja yang bergeliat maju. Usaha-usaha yang menunjukkan pertumbuhan akan didampingi dan fasilitasi. Disinggung soal kesulitan modal, pengusaha bisa mengkonsultasikan kepada pemberi kredit dan koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko, menuturkan UMKM Center merupakan wadah berinovasi dan unjuk gigi bagi pengembangan koperasi dan UMKM. Rencananya pada tahun 2015 akan disediakan tujuh dokter usaha.

“Tempat ini diharapkan bisa menjadi tempat menimba ilmu bagi para pengusaha muda agar bisa mengembangkan usahanya lebih besar lagi dengan perencanaann yang baik,“ ungkapnya.

Ditambahkan, Dinas Koperasi dan UMKM Jateng dalam waktu tiga tahun ke depan akan membangun UMKM center di Kota Surakarta, Cilacap, Banyumas dan Kebumen.