Ganjar : Nilai Perjuangan Pahlawan Kita Teruskan

Ganjar Pranowo (Foto: Ganjar Pranowo Blogpot)
Ganjar Pranowo (Foto: Ganjar Pranowo Blogpot)

Kota Semarang, SEMARANG DAILY**Generasi penerus harus bisa mengimplementasikan dan menghargai semangat para pahlawan dalam menjawab tuntutan bangsa. Hal ini penting, agar perjuangan mereka tetap berkobar dan tidak terputus.Hal ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo,n usai melakukan tabur bunga di Komplek Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang, Senin (10/11).

Dirinya mengakui bahwa perjuangan para pahlawan bangsa sebaiknya bisa dimaknai dengan baik sebagai upaya penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur melawan penjajah demi kemerdekaan bangsa.

“Nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan akan kita teruskan, coba akan kita implementasikan dan akan kita tularkan terus kepada generasi muda, “ tegasnya.

Menurutnya tidak banyak yang bisa dilakukan pemerintah untuk menghargai perjuangan para pahlawan dengan pengorbanan yang sudah mereka buktikan. Berapa nilai perjuangannya, berapa sebenarnya nilai nyawa, darah yang telah diperjuangkan kepada bangsa Indonesia ini.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan berupaya keras dan mohon maaf kalau sekiranya kami generasi penerus, tidak bisa memberikan perhatian seperti yang diharapkan. Kita tidak akan meninggalkan, akan selalu berihtiar memperhatikan nasib para pejuang dan keluarga pahlawan,” kata dia.

Ganjar mengingatkan bahwa kata ‘merdeka’ harus bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat sebagai wujud rasa syukur bersama atas kedaulatan bangsa. Kata ‘merdeka’ tersebut harus sering kita dengarkan dan pekikkan. Hal ini bisa dijadikan semangat kebersamaan, bertoleransi, semangat rembukan, dialog, dan memunculkan rasa kejujuran sebagai anak bangsa.

Dalam upacara ziarah nasional selain dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, juga hadir Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Bayu Purwiyono, selaku pimpinan upacara, juga dihadiri oleh Gubernur Akpol, Irjen Pol Pudji Hartanto, Sekda Provinsi Jateng, Sri Puryono, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan SKPD di lingkungan Provinsi Jawa Tengah. Setelah upacara mereka melakukan tabur bunga bersama-sama di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal.