Undip Gelar Ketoprak, Rektor dan Gubernur Jateng Kolaborasi

????
Ketoprak (Foto : article wn)

Tembalang, SEMARANG DAILY**Dalam rangka Dies Natalis Universitas Diponegoro ke 57,Universitas Diponegoro akan mengelar Ketoprak  dengan lakon Kumara Tegalrejo atau Pahlawan Goa Selarong, di Gedung Prof. Soedarto, Undip Tembalang, Kamis, (23/10).

Dalam rilisnya, pertunjukan Ketoprak ini merupakan kolaborasi antara Pemprov Jawa Tengah-Mitra Perbankan-Ngesti Pandowo dan Undip. Gubernur Jawa Tengah akan memerankan Pangeran Mangkubumi, sedangkan Rektor Undip akan menjadi Pangeran Diponegoro. Turut bermain juga Sekda Jawa Tengah, para Kepala SKPD, CEO Perbankan, para Profesor, Pimpinan Universitas dan Fakultas, para alumni serta menampilkan bintang tamu Yati Pesek.

Rektor Universitas Diponegoro, Sudharto P Hadi, mengungkapkan bahwa lakon Kumara Tegalrejo ini mengkisahkan mengenai perlawanan pangeran Diponegoro terhadap Penjajah.

“Dikisahkan bahwa Belanda akan membangun jalan dari pantai Selatan sampai Kerajaan Mataram dan menerabas Tegalrejo yang menjadi padepokan Pangeran Diponegoro bersama dengan kerabat dan pengikut-pengikutnya.  Pangeran Diponegoro dengan kukuh mempertahankan wilayahnya dengan sesanti rawe-rawe rantas malang-malang putung,  sadumuk batuk sanyari bumi. Pertempuran tidak bisa dihindarkan dengan kematian Kapten De Joung dengan para serdadunya.” ujarnya

“Kisah heroik Pangeran Diponegoro diharapkan bisa menginspirasi warga kampus dan masyarakat pada umumnya dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air dan kepedulian pada persoalan-persoalan bangsa.  Pentas ketoprak ini juga sebagai wujud nguri-nguri budaya yang saat ini sedang meredup. Kami sangat mengharapkan segenap sivitas akademika dan masyarakat luas dapat ikut menikmati pementasan kali ini dan tidak dipungut biaya” imbuhnya