Pemugaran Gedung Sarekat Islam Selesai Desember 2014

??/
Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, mengunjungi prose pemugaran gedung Sareka Islam. (Foto : Pemkot Semarang)

Sarirejo, SEMARANG DAILY**Proses pemugaran bangunan bersejarah eks-Gedung Sarekat Islam yang terletak di Kampung Gendong, Kelurahan Sarirejo, ditargetkan rampung pada bulan Desember 2014.

“Melihat progres pengerjaan yang sudah dicapai sampai saat ini, Supriyanto optimistis pemugaran eks-Gedung SI akan rampung sesuai dengan yang ditargetkan, yakni akhir Desember 2014,” ungkap Koordinator pekerja pemugaran, Supriyanto, Senin (27/10).

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, mengatakan pihak memiliki perhatian khusus terhadap proses pemugaran bangunan bersejarah tersebut. Hendi, sapaah Hendar Prihadi, meninjau lokasi dan turut melihat progres pembangunan.

Menemui koordinator pekerja pemugaran Supriyanto dan anggota Komunitas Pegiat Sejarah (KPS) Yunantyo Adi, Hendi menanyakan progres ke depan agar gedung itu bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Koordinator pekerja pemugaran eks-Gedung SI Supriyanto menjelaskan progres yang sudah dicapai dalam pemugaran gedung itu sekarang sudah mencapai 40 persen dan masih sesuai dengan yang dijadwalkan.

“Pengerjaan pemugaran saat ini sudah sampai pengangkatan tiang penyangga sampai ketinggian 20 centimeter. Nantinya, lantainya kan juga akan ditinggikan untuk menghindari banjir dan rob,” katanya.

Meski dilakukan peninggian lantai, ia memastikan “tetenger” dan ciri khas yang eks-Gedung SI tetap akan dipertahankan menyerupai aslinya, seperti tulisan “SI” yang ada di lantai dekat pintu utama.

Anggota KPS Yunantyo Adi mengungkapkan dana sebesar Rp 600 juta dari APBD Jawa Tengah sudah dihibahkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng, namun hanya untuk pemugaran bangunan.

“Kalau untuk sarana-prasarana pendukung, seperti parkir memang belum mencakup. Kami akan segera komunikasikan ke BPCB Jateng kalau memang Pemkot Semarang bersedia membantu tempat parkir,” tukasnya