Pemkot Inisiasi Olah Sampah Jadi Gas

ilustrasi pengubahan gas metana (Foto : Aktual)
ilustrasi pengubahan gas metana (Foto : Aktual)

Ngaliyan, SEMARANG DAILY** Pemerintah Kota Semarang akan merencanakan pengolahan sampah menjadi energi gas. Sampah-sampah dari seluruh kota, akan diolah menjadi gas metan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Semarang, Ulfi Imran Basuki, mengatakan, proyek pengolahan pemanfaatan gas metan ini akan dimulai tahun depan.

“Proyek pengolahan dan pemanfaatan sampah menjadi gas metana ini akan dimulai tahun depan,” ungkapnya dalam rilis, Sabtu (4/10).

Pada tahap pertama, pihaknya akan membangun bangunan fisik skala kecil dengan nilai proyek Rp 200 juta.

Setelah ituSetelah diolah dan ditampung dalam alat mekanik dan hasil olahan dari sampah itu selanjutnya akan disalurkan ke rumah-rumah warga yang ada di sekitar TPA Jatibarang.

“Adapun selanjutnya, jika berhasil akan dipasang pipa yang ditanam masuk ke dalam timbunan sampah. Setelah ditampung di alat mekanik, gas akan disalur-salurkan ke rumah-rumah warga sekitar TPA Jatibarang,” tambahnya.

Ia juga menambahkan selain pemanfaatan gasnya, pihaknya juga bermaksud meminimalisir ancaman kebakaran seperti yang terjadi beberapa waktu lalu akibat adanya luapan gas panas di timbunan sampah.