Nusron : GP Ansor Harus Terlibat Program Pemerintah

Ketua Umum GP Ansor, Nusron Wahid. (Foto : NU)
Ketua Umum GP Ansor, Nusron Wahid. (Foto : NU)

Kota Semarang, SEMARANG DAILY**Ketua Umum Pimpinan Gerakan Pemuda Ansor, Nusron Wahid, menegaskan kiprah para pemuda NU sangat dibutuhkan di masa mendatang. GP Ansor dituntut mampu menjawab persoalan NU dan menjadi solusi bagi persoalan yang ada dalam masyarakat.

“Kita sebagai kader yang paling dekat dengan NU, sudah sewajarnya bisa menjawab NU masa depan, bukan (sekadar) menjadi masa depan NU. Menjawab NU masa depan artinya harus bisa melakukan koreksi, mencari titik kesalahan dari para pendahulu-pendahulu NU, untuk menjadikan NU lebih baik,” ujarnya seusai melantik PW GP Ansor Jawa Tengah, Senin malam (13/10).

Selain itu, pria asal Kudus ini juga mengajak kader Ansor untuk senantiasa membatu pemerintah dalam menjalankan program-program, baik yang ada di provinsi maupun daerah. Sehingga, keberadaan Ansor dapat dirasakan kemaslahatanya di kalangan masyarakat sekitarnya.

Nusron mengimbau seluruh kader dapat mandiri secara ekonomi dan mengembangkannya untuk masyarakat sehingga dampak kesenjangan sosial dapat teratasi dan terkurangi. Dalam hal ini mantan ketua umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini berharap para kader sanggup bekerja sama dengan pemerintah

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyambut baik keinginan GP Ansor untuk ingin turut berpartisipasi membantu pemerintah dalam mengatasi kemiskinan. Hal ini menjadi energi yang bagus karena memang banyak pekerjaan rumah (PR) untuk diselesaikan oleh generasi muda.

“Tentu kita mencoba untuk memberikan lebih banyak ruang,” ucap Ganjar.

Selain permasalahan kemiskinan, problem infrastruktur juga banyak dikeluhkan masyarakat. Karenanya, pemerintah berupaya keras untuk memperbaiki infrastruktur sehingga bisa menjadi daya ungkit perekonomian di Jawa Tengah. Ganjar juga menyampaikan dirinya membuat suatu percontohan bagaimana good governance dan clean government bisa dilaksanakan. Harapannya melalui reformasi birokrasi, good governance dan clean government bisa didorong. Dan GP Ansor diharapkan ikut berpartisipasi dalam pengawasannya.

“Satu saja yang nanti mungkin saya minta dari teman-teman GP Ansor bisa mengawasi dari seluruh yang ada di Jawa Tengah,” pintanya