Menhan Peringati Pertempuran 5 Hari Semarang

Purnomo Yusgiantoro (Foto : Okezone)
Purnomo Yusgiantoro (Foto : Okezone)

Kota Semarang, SEMARANG DAILY**Upacara Peringatan Pertempuran 5 Hari di Semarang dilaksanakan, Selasa malam (14/10), di Kawasan Tugumuda Kota Semarang.

Hadir sebagai inspektur upacara pada acara untuk mengenang kisah heroik rakyat Semarang dalam melawan penjajahan Jepang tersebut Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Purnomo Yusgiantoro.

Purnomo mengatakan upacara peringatan pertempuran 5 hari di Semarang ini merupakan suatu ekspresi dari sikap pemuda Indonesia pada waktu itu. Dan ini sejalan dengan apa yang dilakukan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, yaitu membangun karakter bangsa National Character Building.

“Saya kira ini cukup baik sekali dan saya bersedia diminta waktunya oleh Walikota Semarang untuk menjadi inspektur upacara, karena ini sejalan dengan tugas pokok dan fungsi dari kementerian pertahanan,” katanya.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengingatkan bahwa sejak awal, dari perjuangan merebut kemerdekaan sampai dengan mengisi kemerdekaan TNI selalu melakukan bersama-sama dengan rakyat. Jadi jika rakyat senantiasa bersama-sama TNI itu akan menjadi suatu kekuatan yang tidak terkalahkan oleh siapapun juga. Dalam dalam mengisi kemerdekaan perlu persatuan dari seluruh anak bangsa, khususnya pemuda sebagai motor untuk membuat bangsa ini menjadi bangsa yang besar.

“TNI dan rakyat apabila bersatu akan menjadi kekuatan yang luar biasa,” tegasnya.

Peringantan Pertempuran 5 Hari di Semarang selalu diperingati oleh Kota Semarang setiap tahunnya untuk mengenang peristiwa tersebut. Hadir pula dalam acara itu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal, Gatot Nurmantyo, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Tjahjo Kumolo.