Komisi Informasi Jateng Peringati Hak Untuk Tahu

Komisii Informasi Jateng Peringati Hak Untuk Tahu (Foto : Said Muhtar)
Komisii Informasi Jateng Peringati Hak Untuk Tahu (Foto : Said Muhtar)

Kota Semarang, SEMARANG DAILY **Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah mengadakan kampanye memperingati Hak Untuk Tahu, Minggu (29/9). Acara ini mengusung jargon right to know, right now.

Plt Ketua Komisi Informasi Jateng, Nur Fuad, mengatakan kondisi ketaatan badan publik terhadap UU No.14 tahun 2014 tentang Keterbukaan Informasi Publik jelas telah membuat semangat baru. Yaitu, semangat keterbukaan informasi dalam rangka mewujudkan pemerintahan terbuka yang merupakan upaya yang strategis mencegah praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dan terciptanya pemerintahan yang baik (good governance).

Ia juga menghimbau kepada seluruh badan publik untuk di Jateng untuk menjalankan amanat Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik.

“Menjalankan kewajiban-kewajibannya sebagaimana diamanatkan dalam UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik”, ungkapnya

Sejak dilantik bulan Juni 2014, Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah yang baru juga telah berhasil memeriksa serta memutus perkara sengketa informasi publik sejumlah 78 perkara dan ditambah 12 perkara lama hingga di tahun 2014 sejumlah 90 perkara.