Pemkot Ajukan Rp 37 Miliar Untuk Pembangunan Pasar

Gedung Pemerintah Kota Semarang di Jalan Pemuda, Semarang. (Foto : Humas Pemkot Semarang)
Gedung Pemerintah Kota Semarang di Jalan Pemuda, Semarang. (Foto : Humas Pemkot Semarang)

Pemkot Semarang, SD**Kepala Dinas Kota Semarang, Trijito Sardjoko, mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengajukan anggaran Rp 37 miliar guna merenovasi beberapa pasar di APBD 2015.  Hal itu diketahui dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) di ruang paripurna DPRD Kota Semarang, Rabu (24/9).

 “Renovasi Pasar Rasamala dengan anggaran Rp 1,5 miliar, Pasar Klitikan tahap III Rp 7,2 miliar, pembangunan Pasar Peterongan Rp 22 miliar, finishing Pasar Jerakah Rp 2 miliar, dan pembangunan Pasar Rejomulyo tahap III Rp 5 miliar,” ungkapnya seperti dikutip dalam Semarangkota.go.id.

Ia merincikan pada dasarnya bahwa akan dialokasikan untuk pembangunan dan renovasi pasar tradisional.

Menanggapi hal itu, anggota, Banggar Mulaim, yang juga ketua Komisi B DPRD Kota Semarang menegaskan, prinsipnya tidak mempermasalahkan tentang pengajuan anggaran oleh eksekutif. Namun pihaknya perlu mengkaji secara mendalam dan perlu sosialisasi kemada masyarakat. Hal ini lantaran adanya fakta pembangunan pasar yang tidak efektif pemanfaatannya, seperti Pasar Sampangan, RPU, dan Pasar Unggas Penggaron, serta beberapa pasar lain.

“Jangan sampai setelah dibangun, pasar itu jadi mangkrak karena tak optimal dan tak ditempati pedagang,” tegasnya.